Diva, Sadana Aura Keefektifan model pembelajaran pmri berbantuan media desimath berbasis budaya lokal pantura untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan self regulated learning siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penggunaan model Project Based Learning (PJBL) dengan metode ceramah tidak mempengaruhi kemampuan berpikir matematis dan self regulated learning (SRL). Terbukti hasil studi pendahuluan kelas VII F SMP N 1 Dawe, memperoleh rata-rata kemampuan berpikir matematis 42,14% dengan kriteria layak. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji rata-rata kemampuan berpikir matematis siswa dengan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Desimath dan dengan model PJBL, (2) menguji peningkatan kemampuan berpikir matematis sebelum dan setelah diterapkannya PMRI berbantuan Desimath, (3) menguji peningkatan SRL sebelum dan setelah diterapkannya PMRI berbantuan Desimah, serta (4) menguji pengaruh SRL terhadap kemampuan berpikir matematis dengan PMRI berbantuan Desimath. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi experiemental design. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas VII F dan VII G sejumlah 65 siswa. Variabel terikatnya kemampuan berpikir matematis dan SRL. Sedangkan variabel bebasnya PMRI berbantuan media Desimath. Teknik pengumpulan data dengan tes, angket, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang awal terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, sedangkan uji analisis akhir meliputi: uji t’, uji N-gain, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rata-rata kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran PMRI berbantuan media Desimath lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran PJBL dengan metode ceramah, (2) kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran PMRI berbantuan media Desimath meningkat dengan nilai N�gain sebesar 0,7 dengan kriteri tinggi, (3) self regulated learning siswa yang diajar dengan model pembelajaran PMRI berbantuan media Desimath meningkat dengan nilai N-Gain sebanyak 0,12 dengan kriteria rendah, (4) self regulated learning mempengaruhi kemampuan berpikir matematis siswa secara signifikan pada model pembelajaran PMRI berbantuan media Desimath sebesar 77,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa model pembelajaran PMRI berbantuan media Desimath efektif untuk meningkatan kemampuan berpikir matematis dan self regulated learning siswa. Maka dengan ini, penting rasanya untuk menerapkan model PMRI dalam proses pembelajaran. Masih diperlukan penelitian selanjutnya mengenai model pembelajaran PMRI berbantuan aplikasi, sehingga diharapkan pembelajaran matematika akan berkembang sesuai zamannya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Dr. Henry Suryo Bintoro, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran PMRI, Desimath, Kemampuan Berpikir Matematis, dan Self Regulated Learning. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 19:42 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 19:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
