Penerapan bimbingan kelompok teknik self management dalam mengatasi kejenuhan belajar pada siswa smp 2 nalumsari jepara

Listyansyah, Agung Penerapan bimbingan kelompok teknik self management dalam mengatasi kejenuhan belajar pada siswa smp 2 nalumsari jepara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok teknik self management dalam mengatasi kejenuhan belajar pada siswa SMP 2 Nalumsari Jepara. (2) Mendeskrispikan pengentasan kejenuhan belajar pada siswa SMP 2 Nalumsari Jepara dengan pelaksanaan bimbingan kelompok teknik self management. Kejenuhan belajar adalah kondisi di mana siswa SMP 2 Nalumsari Jepara merasakan keletihan secara fisik dan psikis yang ditandai dengan kurangnya berkonsentrasi atau mendengarkan apa yang disampaikan guru; tidak bersedia mengajarkan tugas (PR), cepat lupa dengan pelajaran; hasil belajar yang dicapai tidak akan maksimal; lambat dalam mengelola informasi (pelajaran) yang disampaikan guru; rendahnya semangat untuk belajar, baik di sekolah ataupun di rumah. Bimbingan kelompok teknik self management merupakan layanan dalam bimbingan konseling yang digunakan oleh peneliti dalam mengurangi kejenuhan belajar di SMP 2 Nalumsari Jepara dengan mengajarkan kemampuan mengelola diri (self management) pada anggota kelompok. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subjek yang diteliti sebanyak tujuh siswa SMP 2 Nalumsari Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixed method dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian diketahui sebelum pemberian bimbingan kelompok teknik self management, kondisi kejenuhan belajar pada subjek penelitian sebesar 17,6 (58,6%) kategori (Sangat Tinggi). Setelah pemberian bimbingan kelompok teknik self management pada siklus I kondisi kejenuhan belajar pada siswa berkurang pada skor 14,6 (48,8%) kategori (Tinggi). Penelitian dilanjutkan ke siklus II dan kembali diperoleh penurunan skor kejenuhan belajar pada subjek penelitian, dengan skor 9,7 (32,2%) kategori (Rendah). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka hipotesis tindakan yang berbunyi: (1) “Bimbingan kelompok teknik self management dapat mengatasi kejenuhan belajar pada siswa SMP 2 Nalumsari Jepara”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% kategori (Baik). (2) “Kejenuhan belajar pada siswa SMP 2 Nalumsari Jepara dapat diatasi dengan bimbingan kelompok teknik self management”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan sebesar 32,2% kategori (Rendah). Simpulan yang disampaikan peneliti yaitu: (1) Penerapan bimbingan kelompok teknik self management dalam mengatasi kejenuhan belajar pada siswa SMP 2 Nalumsari Jepara dilakukan dalam dua siklus penelitian. Peneliti sebagai pemberi layanan mendapatkan skor di siklus I sebesar 54% kategori (Cukup). Siklus II peneliti memperoleh skor 75% kategori (Baik). (2) Kejenuhan belajar pada siswa SMP 2 Nalumsari Jepara telah mengalami penurunan. Periode pra siklus diketahui kejenuhan belajar sebesar 17,6 kategori (Sangat Tinggi), siklus I diketahui skor kejenuhan belajar sebesar 14,6 kategori (Tinggi), siklus II sebesar 9,7 kategori (Rendah). Saran yang disampaikan peneliti yaitu: (1) Siswa hendaknya semakin bersemangat mengikuti pembelajaran, serta dapat berkonsultasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi melalui peran guru Bimbingan dan Konseling di SMP 2 Nalumsari Jepara. (2) Guru bimbingan dan konseling hendaknya menggunakan teknik self management dalam membantu mengatasi kejenuhan belajar pada siswa di kemudian hari. Selain itu hendaknya guru bimbingan dan konseling dapat mengembangkan penerapan teknik self management untuk mengatasi hambatan lain yang mungkin dimiliki oleh siswa di SMP 2 Nalumsari Jepara. (3) Kepala sekolah hendaknya terus mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMP 2 Nalumsari Jepara sehingga berbagai hambatan yang dimiliki oleh peserta didik dapat segera dibantu. (4) Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan teknik self management dalam konteks permasalahan yang berbeda, sehingga dapat dijadikan bahan perbandingan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing 1 : Dr. Gudnanto, M.Pd., Kons. Dosen pembimbing 2 : Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Self Management, Kejenuhan Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Jan 2025 18:52
Last Modified: 16 Jan 2025 18:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22558

Actions (login required)

View Item View Item