SUBAHAR, IRVAN (2024) Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room dalam mengatasi masalah religiusitas siswa kelas viii smp negeri 2 dawe kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam mengatasi masalah religiusitas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dawe Kudus. Variabel dalam penelitian ini adalah Teknik Homeroom, Religiusitas Siswa. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom, dan Religiusitas Siswa. Jenis penelitian ini adalah kantitatif jenis Quasi Ekpsperiment dengan desain pre post control grup desain. Sampel dalam penelitian berjumlah 14 peserta didik sampel dipilih menggunakan cluster sampling. Bimbingan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket masalah religiusitas, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan t test dengan SPSS versi 24. Validitas skala religiusitas dari 40 item dinyatakan valid, sedangkan reliabilitas skala religiusitas sebesar 0,745 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Pemberian treatment dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik homeroom efektif terhadap peningkatan religiusitas siswa. Hal ini dilihat dari hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan. Dari hasil pretest diperoleh hasil 4 siswa (66,7%) pada kategori rendah, 2 siswa (33,3%) pada kategori sedang dan tidak ada siswa yang berada pada kategori tinggi. Pada posttest diperoleh hasil 2 siswa (33,3%) pada kategori sedang, 4 siswa (66,7%) pada kategori tinggi dan tidak ada siswa pada kategori rendah. Hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil Uji Wilcoxon dimana nilai Z sebesar -2,207 dan signifikasi p-value sebesar 0,027 diketahui bahwa sig < α (0,05), mean pada pretest kelompok eksperimen sebesar 80,6 dan pada posttest kelompok eksperimen sebesar 124,3 yang artinya postest pada kelompok eksperimen lebih besar dibanding hasil pretest, maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara hasil pretest dengan hasil posttest kelompok eksperimen. Hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil observasi yang menunjukkan ada pengaruh religiusitas siswa, sehingga disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik homeroom efektif terhadap religiusitas siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Dawe Kudus. Saran dari penelitian ini adalah siswa diharapkan untuk lebih memahami apa manfaat dan tujuan dari manfaat pengetahuan yang didasari dengan religiuisitas. Sehingga siswa dapat meningkatkan lagi tingkat religiusitasnya. Serta didapatkan hasil yang diperoleh dari bimbingan kelompok teknik homeroom dirasa belum maksimal, maka diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan strategi lain yang lebih efektif lagi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. |
Kata Kunci: | Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom, Religiusitas Siswa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 03:54 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 03:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
