Language styles of the dialogues in “look and say” part of my next words grade 5 – student’s book for elementary school

Cahya Bagaskara, Jihananda (2024) Language styles of the dialogues in “look and say” part of my next words grade 5 – student’s book for elementary school. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian dengan judul Language Styles of The Dialogues In “Look and Say” Part of My Next Words Grade 5 Student’s Book for Elementary School ini, bertujuan untuk menjelaskan apa gaya bahasa yang digunakan dalam dialog pada bagian “Look and Say” dalam buku My Next Words Grade 5 Student’s Book for Elementary School. Kerangka teori untuk studi ini didasarkan pada teori gaya bahasa Joos (1967), yang mengkategorikan bahasa ke dalam lima gaya yang berbeda: beku, formal, konsultatif, kasual, dan intim. Selain itu, teori Holmes (2013) tentang fungsi gaya bahasa, yang mencakup fungsi ekspresif, direktif, referensial, dan fatis, digunakan untuk menganalisis tujuan komunikatif dari gaya-gaya ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk mengkaji dialog dalam bagian “Look and Say”. Pengumpulan data melibatkan dokumentasi dan analisis dialog(Roller, 2019) dari buku siswa menggunakan teori tersebut Setelah melalui dokumentasi dan analisis dialog, peneliti menemukan bahwa sebagian besar dialog dalam sumber data menggunakan gaya bahasa kasual yang efektif dalam melibatkan siswa dan memfasilitasi pemahaman. Analisis juga menunjukkan bahwa fungsi ekspresif dan referensial adalah yang paling sering digunakan, menyoroti pentingnya keterlibatan emosional dan penyampaian informasi dalam dialog pendidikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidik mempertimbangkan penggunaan gaya bahasa yang lebih beragam untuk meningkatkan variasi dalam penggunaan gaya bahasa dan fungsinya. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi penerapan temuan ini dalam konteks pendidikan yang berbeda dan dengan media ajar lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Ahdi Riyono, S. S, M. Hum. Dosen Pembimbing: 2. Rusiana, S. Pd, M. Pd.
Kata Kunci: Gaya Bahasa, Fungsi Gaya Bahasa, Buku Siswa, Dialog.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 May 2025 02:02
Last Modified: 15 May 2025 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23758

Actions (login required)

View Item View Item