Asadur Rahman, Muhammad (2024) Genre and lexical density of texts in reading sections within “english for nusantara” for smp/mts 7 th grader. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Membaca merupakan salah satu dari kemapuan krusial didalam pembelajaran Bahasa. Penulis memilih buku teks Bahasa Inggris terbaru yang tengah digunakan sebagai buku teks utama di sekolah dengan judul “English for Nusantara” untuk SMP/Mts kelas 7 sebagai subjek utama penelitian yang akan difokuskan untuk meneliti bagian membaca. Buku teks ini sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang diusung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian, dan Teknologi Republik Indonesia. Metodologi yang digunakan didalam penelitian ini adalah analisis konten, yang dikategorisasikan sebagai desain penelitian kualitatif, dengan tujuan utama untuk meneliti secara menyeluruh kepadatan leksikal dan genre yang terkandung didalam bagian membaca “English for Nusantara” untuk SMP/Mts Kelas 7. Hasil telah menemukan bahwa “English for Nusantara” memiliki lima genre dengan komposisi teks deskriptif, teks naratif, teks penjelasan, dan teks prosedur. Dengan presentasi terdiri 47% teks deskriptif, 28% teks naratif, 15% teks prosedur, and 10% teks penjelasan. Sedangkan untuk tingkatan kepadatan leksikal terdiri dari 57% kepadatan leksikal sedang, 33% kepadatan leksikal tinggi, dan 10% kepadatan leksikal rendah. Membuat buku memiliki tingkatan yang cukup memahamkan untuk murid-murid. Penelitian ini telah menemukan bahwa keberagaman genre dan kepadatan leksikal didalam “English for Nusantara” mudah difahami oleh murid-murid dan menyediakan informasi yang cukup untuk dipelajari oleh siswa, peneliti menyarankan agar buku teks yang akan dating menyediakan keberagaman genre dan kepadatan leksikal kata yang seimbang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd Dosen Pembimbing: 2.Rusiana, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | analisis isi, bahan bacaan, buku teks. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:25 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
