An error analysis in the 10th grade students’ recount text at sman 1 bae kudus in academic year 2023/2024

Muwahidin, Haytsam Abdillah (2024) An error analysis in the 10th grade students’ recount text at sman 1 bae kudus in academic year 2023/2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Menulis adalah salah satu keterampilan bahasa yang harus ditingkatkan saat belajar bahasa Inggris. Menulis dengan baik menjadi keterampilan yang paling sulit untuk dikuasai, terutama bagi siswa yang perlu dapat mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka dalam format tulisan yang baik. Di sekolah menengah atas, salah satu jenis teks yang biasanya ditulis oleh siswa adalah teks recount. Banyak siswa menulis teks ini, tetapi sedikit yang dapat menulisnya sesuai dengan struktur dan fitur yang benar atau teks yang tata bahasanya benar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesalahan utama dalam teks recount yang ditulis oleh siswa X-E6 SMAN 1 Bae Kudus dan sumber utama kesalahan yang berkontribusi pada kesalahan teks recount siswa. Kategori kesalahan didasarkan pada Taksonomi Strategi Permukaan Dulay (Dulay et al., 1982), dan sumber kesalahan didasarkan pada teori Richard (1971). Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan desain analisis konten, menggunakan teknik dokumentasi pada 32 dokumen teks recount tulisan tangan yang diproduksi oleh siswa X-E6 SMAN 1 Bae Kudus pada tahun akademik 2023/2024. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa jumlah total kesalahan tata bahasa adalah 281. Kesalahan tata bahasa tertinggi adalah misformasi, dengan 144 kesalahan (51,25%). Kedua adalah kesalahan penghilangan, 113 (40,21%). Ketiga adalah kesalahan penambahan, yaitu 17 (6,04%). Peringkat terakhir adalah penyusunan, hanya 7 (2,50%). Dari kesalahan siswa dalam menulis teks recount, peneliti menemukan bahwa transfer intrabahasa adalah sumber utama, menyumbang 238 kesalahan (84,70%), sementara transfer antarbahasa hanya menyumbang 43 kesalahan (15,30%). Peneliti menemukan bahwa kesalahan paling umum dalam teks recount siswa adalah kesalahan pembentukan, yang terutama disebabkan oleh transfer intralingual. Disarankan agar siswa menggunakan Grammarly untuk memeriksa tulisan mereka, dan guru memberikan lebih banyak latihan serta penjelasan tentang teks recount untuk mencegah kesalahan berulang. Peneliti masa depan didorong untuk melanjutkan penelitian ini dengan memperbaiki kekurangan yang ada.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Muh Syafei, M.Pd.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Kesalahan Tata Bahasa, Teks Recount, Transfer Intrabahasa, Transfer Antarbahasa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 May 2025 03:47
Last Modified: 15 May 2025 03:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item View Item