Male and female efl student teacher reflection on microteaching at english education department in university muria kudus

Rohmatul Umah, Silvia (2024) Male and female efl student teacher reflection on microteaching at english education department in university muria kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini mengkaji microteaching, suatu teknik yang digunakan dalam program pendidikan guru, membandingkan refleksi guru siswa laki-laki dan perempuan. Hal ini menyoroti pentingnya pengajaran mikro dalam meningkatkan keterampilan mengajar, mengevaluasi rencana pembelajaran, dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, serta menyoroti efektivitasnya dibandingkan bimbingan belajar reguler. Dari penjelasan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi refleksi yang ditulis oleh mahasiswa guru EFL putra dan putri pada microteaching EED UMK dan untuk mengetahui tingkat refleksi guru mahasiswa EFL putra dan putri pada microteaching EED UMK. Penulis menggunakan penelitian deskriptif yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas A EED Universitas Muria Kudus dan fokus pada refleksi siswa-guru dalam microteaching. Penelitian ini mengumpulkan data dalam bentuk dokumen dengan cara menghubungi satu per satu calon guru untuk menanyakan tentang refleksi microteaching yang telah ditulisnya sehingga peneliti mengetahui seperti apa refleksi microteaching tersebut. Penelitian mengungkapkan bahwa refleksi siswa guru bahasa Inggris terhadap praktik pengajaran mikro meliputi media, keterampilan instruksional, keterampilan berbahasa, manajemen kelas, manajemen waktu, bahan ajar, kinerja guru, respon siswa, dan masalah teknis. Studi ini juga mengungkapkan bahwa siswa menggunakan dua tingkat refleksi: deskripsi sederhana dan peristiwa yang diberi label istilah yang sesuai, dengan sedikit analisis mendalam. Peneliti menyarankan mahasiswa guru microteaching menggunakan metode pengajaran yang menyenangkan dan aktif untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Mengintegrasikan pengetahuan teoretis dan praktik pedagogis meningkatkan produktivitas dan introspeksi. Penelitian di masa depan harus mempertimbangkan keterbatasan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd Dosen Pembimbing: 2. Dr. Diah Kurniati, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Microteaching, Refleksi, Guru Siswa EFL
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 May 2025 07:28
Last Modified: 15 May 2025 07:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23793

Actions (login required)

View Item View Item