NURANIYYAH, NAFHATUN (2024) Code mixing spoken by qania fanani: a sociolinguistics analysis on vlog of qania fanani at youtube. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Dalam kehidupan masyarakat saat ini banyak orang yang mencampur dua bahasa atau lebih ketika berbicara. Hal yang sama juga terjadi pada para kreator konten YouTube yang mengunggah video berbicara dengan menggunakan campur kode. Campur kode sendiri merupakan pencampuran dua bahasa atau lebih ketika berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena campur kode pada platform YouTube, khususnya pada konten video yang diproduksi oleh kreator. Peneliti menggunakan kanal YouTube Qania Fanani. Peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Muysken (2000) untuk menganalisis jenis-jenis campur kode dan teori yang dikemukakan oleh Dell Hymes (1997) untuk menganalisis fungsi campur kode. Penelitian ini berfokus pada jenis-jenis dan fungsi campur kode di dalamnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif eksploratif dengan pendekatan sosiolinguistik karena data yang dikumpulkan berasal dari tuturan-tuturan dalam video tersebut. Untuk mengumpulkan dan menganalisis data, peneliti menggunakan teknik dokumen dan parameter campur kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 40 data yang mengandung campur kode, yang mana ditemukan pada 20 data untuk video pertama. Terdiri dari 14 penyisipan, 6 alternasi, dan tidak ada leksikalisasi yang kongruen. Untuk video kedua ditemukan 20 data yang terdiri dari 10 penyisipan, 9 alternasi, dan 1 leksikalisasi yang kongruen. Jenis yang umum digunakan dalam video Qania Fanani adalah Penyisipan. Kedua, fungsi sosial yang paling umum digunakan oleh Qania Fanani dalam mencampur kode dalam setiap videonya adalah untuk mengekspresikan ide dengan mudah dan jelas. Mengekspresikan ide dengan mudah bertujuan untuk membantu pembicara mengekspresikan ide atau perasaan dengan mencampur kata-kata yang mudah diterima oleh audiens.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Sri Surachmi W, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum. |
Kata Kunci: | Sociolinguistik, Bilingualisme, Campur Kode, Youtube. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:40 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
