Program studi bimbingan dan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muria kudus 2024

Firmansyah, Misfaq Rizky (2024) Program studi bimbingan dan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muria kudus 2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Kurangnya kecerdasan interpersonal pada siswa menjadi petunjuk tidak percaya diri, tidak bersemangat, kurang bersosialisasi, kurangnya dorongan motivasi, serta kurangnya pengustun dari orang sekilas untuk melaksanakan proses belajar. Hal ini dikbuktikan dengan kenyataan yang ditemul pada siswa siswi SMP N 2 Nalumsari. Tujuan penelitian ini adalah: 1 Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok teknik role playing untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siya SMPN 3 Nalumsari 2. Untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik role pigymy untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa SMP N 2 Nalumsari. Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan untuk memahami, merespon orang lain sehingga dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa dapat dilakukan upaya bimbingan kelompok dengan tenik role playing. Penulis menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik rola playa untuk melihat dan menguji apakah teknik ini bisa efektif digunakan pada peningkatan kecerdasan interpersonal siswa atau tidak. Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah pada siswa dan mengembangkan potensi siswa. Pada penilitian ini, bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing agar siswa mampu bersosialisasi dan kerjasama dengan baik. Role playing bertujuan untuk membantu siswa menemukan jati diri dan memecahkan dilema berino bantuan kelompok, artinya siswa belajar menggunakan konsep peran menyadari adanya peran-peran yang berbeda dan memikirkan perilaku dirinya dun perilakku orang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus bimbingan dan konseling. Subyek yang akan diteliti adalah peserta tile di SAMP N 2 Nalumsari dengan 2 subyek yang memiliki permasalahan dalam peningkatan keverdasan interpersonal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mu mede observasi, wawancara, dan dokumentasi secara mendalam sehingga mendapatkan data yang valid sesuai kondisi subyek mengenai kecerdasan interpersonal. Hasil penelitian ini bahwa proses bimbingan kelompok di SMP N 2 Nalumsarı konseli telah berhasil meningkatkan kecerdasan interpersonal dengan membentuk perilaku baru yang ditunjukkan dengan keberhasilannya mengikuti proses belajar bersama dengan temannya dengan baik, lebih bersemangat, mulai bersosialisasi, percaya din, dan perduli terhadap teman lainya. Kesimpulannya adalah keefektifan bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa ser5a mendapat respin dan minat yang baik dari siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Gudnanto, S.Pd., M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Richma Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Tekk Role Playing, Kecedasan Interpersonal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2025 01:55
Last Modified: 16 May 2025 01:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23803

Actions (login required)

View Item View Item