FADEL AKBARI, HIBRAM (2024) Peningkatan keterampilan menulis teks narasi dengan model discovery learning berbantuan media patung gasi pada siswa kelas iv sd 9 gondosari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatan keterampilan menulis teks narasi, Aktivitas peserta didik melalui model Discovery Learning berbantu media Patung Gasi pada peserta didik kelas IV SD 9 Gondosari. Teks Narasi adalah teks yang merupakan suatu tulisan cerita yang mengisahkan sejumlah peristiwa atau kejadian secara berurutan dan sesuai dengan kronologi waktu. Cerita tersebut dapat berdasarkan kenyataan atau hanya merupakan imajinasi dari pengarang. Media Patung gasi merupakan media pembelajaran yang didesain dalam bentuk konkrit yang terdiri dari beberapa gambar yang saling terhubung sehingga menciptakan suatu cerita yang dapat mempermudah dalam proses menulis. Model Discovery learning merupakan pendekatan pembelajaran yang mengandalkan pengalaman penemuan untuk membantu siswa memahami konsep, mengubah informasi sehingga mereka dapat menemukan pengetahuan baru, dan secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Model ini akan di terapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks narasi kelas IV. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah menerapkan model Discovery Learning berbantuan media Patung gasi dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik dan aktivitas peserta didik kelas IV SD 9 Gondosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan di kelas IV SD 9 Gondosari dengan subjek penelitian 16 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Variabel bebas adalah model Discovery Learning berbantu media Patung gasi. Variabel terikat adalah keterampilan menulis teks narasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media patung gasi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi. Pada hasil nilai pra siklus memperoleh presentase ketuntasan klasikal 37,5% dan siklus I mengalami peningkatan memperoleh nilai rata-rata 66,4 dengan presentase ketuntasan klasikal 12,5%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan hasil tes akhir siklus memperoleh nilai rata-rata 87,5 dengan presentase klasikal 87,5%. Kemudian terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 58% dan siklus II menjadi 90%, selanjutnya aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata 58,5 dan siklus II memperoleh rata-rata 81,5.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lintang Kironoratri, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. |
Kata Kunci: | Model Discovery Learning, Patung Gasi, Keterampilan Menulis Teks Narasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 May 2025 02:54 |
Last Modified: | 16 May 2025 02:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
