Penerapan layanan bimbingan kelompok τεκνικ modelling simbolic untuk mencegah penggunaan kosmetik berlebihan pada siswi kelas viii d smpn 3 bae kudus

Nor Rizk, Enjelika (2024) Penerapan layanan bimbingan kelompok τεκνικ modelling simbolic untuk mencegah penggunaan kosmetik berlebihan pada siswi kelas viii d smpn 3 bae kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk mencegah penggunaan kosmetik pada siswi SMPN 3 Bac Kudus, 2) Mengetahui efektifitas penerapan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modeling simbolik untuk mencegah penggunaan kosmetik di sekolah. kosmetik merupakan paduan bahan yang digunakan pada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ kelamin bagian luar), gigi, dan rongga mulut untuk membersihkan, menambah daya Tarik, mengubah penampilan. melindungi, supaya tetap dalam keadaan baik. Namun tak jarang penggunaan kosmetik disalahgunakan penggunaan nya olch para siswi yang baru mengenal barang tersebut terlebih masih berstatus sebagai pelajar di sekolah. Maka dari itu, penerapan layanan bimbingan dengan teknik modeling simbolik ini diharapkan dapat membantu siswa supaya lebih memahami terkait penggunaan kosmetik yang tepat serta dapat memberikan gambaran tentang bagaimana seharusnya seorang pelajar taat dalam etika berpenampilan dilingkungan sekolah. Penelitian ini, menggunakan metode quasi exsperimen berbentuk design one group pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII D SMPN 3 Bac Kudus dengan dilakukan pretest untuk mengukur seberapa jauh pemahaman siswi terkait penggunaan kosmetik sebelum diberikan treatment dan setelah diberikan treatment dengan menggunakan poszert. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wifcoton rank menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian didapatkan hasil dari uji wilcoxon yang diberikan kepada subjek penelitian sebanyak 9 siswa, terdapat perbedaan yakni peningkatan hasil pretest yang semula mendapatkan rata-rata 69 mengalami kenaikan sebsar 51% menjadi 120 pada hasil post-test. Adapun hasil tersebut juga dapat dilihat melalui nilai signifikansi nya sebesar 0,007 < 0,05, maka dari itu Ha diterima sehingga dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan pemahaman pada siswa. Artinya dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolic efektif untuk mencegah penggunaan kosmetik berlebihan pada siswi kelas VIII D SMPN 3 Bac Kudus

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd, Kons
Kata Kunci: Kosmetik, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2025 03:19
Last Modified: 16 May 2025 03:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23812

Actions (login required)

View Item View Item