Pengaruh permainan lumat (ludo matematika) terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas vi sdn 1 krasak

FIRMANSYAH, FAIZ AKBAR (2024) Pengaruh permainan lumat (ludo matematika) terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas vi sdn 1 krasak. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar mengenai mata pelajaran matemtatika yang di karenakan dalam proses pembelajaran yang monoton dan konvensional. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan saat ditemukan di SDN 1Krasak dari 25 siswa kelas 6 yang tuntas hanya 11 siswa sedangkan yang tidak tuntas 14 siswa, jadi berdasarkan persentase hasil belajar siswa masih rendah di kelas VI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Design berbantuan permainan LUMAT. Media permainan LUMAT merupakan kombinasi dari permainan ludo yang dimodifikasi lebih ke arah positif untuk membantu proses belajar siswa yang memicu kerja otak mereka dan menguji skill dari siswa untuk hasil belajar yang maksimal. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang dapat berupa aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik sebagai akibat dari belajar yang didasarkan atas tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Penelitian eksperimen ini di lakukan di kelas VI SDN 1 Krasak dengan subjek siswa 24 siswa dalam satu kelas yang berlangsung 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika sedangkan variabel bebasnya adalah One–Group Pretest–Posttest Design. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif uji t partial dengan uji n-gain. Uji normalitas pada penelitian ini menunjukkan taraf signifikan pada pretest siswa yaitu 0,125 > 0.05, sehingga dapat diartikan data berdistribusi normal. Data posttest diperoleh taraf signifikan 0.89 > 0.05 sehingga dapat diartikan data berdistribusi normal. Pada nilai sig. (2-tailed) menunjukkan sebesar 0.000 kurang dari 0,05 nilai signifikansinya, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji N-Gain rata-rata (mean) nilai pretest dan posttest diperoleh 0.6724 yang kurang dari 0.7 termasuk sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dilihat dari dari data pretest dan posttest terdapat pengaruh pemahaman konsep sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan Media LUMAT (Ludo Matematika).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.M. Syafrudin Kuryanto, S.Si., M. Or. Dosen Pembimbing: 2.Lovika Ardani Riswari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Team Games Tournament (TGT), permainan LUMAT,Hasil bealajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2025 07:30
Last Modified: 16 May 2025 07:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23823

Actions (login required)

View Item View Item