Septiana, Fivevi (2024) Efektivitas model pembelajaran number head together berbantuan media kusatika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sd negeri dengkek 01 pati tahun ajaran 2023/2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Permasalahan pada penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran masih jarang menggunakan model dan media pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik dan bosan mengakibatkan hasil belajar matematika rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan melalui Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together berbantuan Media KUSATIKA dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Negeri Dengkek 01 Pati Tahun Pelajaran 2023/2024. Model pembelajaran Number Head Together merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk lebih percaya diri dan mempererat kerjasama antar teman dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Media KUSATIKA merupakan media yang terbuat dari mika yang dibentuk menjadi sebuah kotak berukuran sedang, lalu dibuat untuk meletakkan kotak kotak kecil sehingga membuat sebuah kotak satuan kubus dan balok dari media tersebut kita bisa menghitung volume kubus dan balok. Hasil belajar merupakan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran sehingga dapat mengetahui seberapa banyak pemahaman yang siswa tangkap saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental yang dilaksanakan di kelas V. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Dengkek 01 Pati. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain the one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif uji t (Paired Sampel T-Test) dan uji N-Gain. Hasil uji paired sample t-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest yaitu 59,35 sedangkan nilai rata-rata posttest 82,32 serta skor uji hipotesis paired sample t-test dengan nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Uji N-Gain mendapat nilai rata-rata 0,56 yang artinya mendapat peningkatan dengan kriteria sedang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Number Head Togeteher (NHT) berbantuan media Kusatika pada hasil belajar matematika, dan (2) adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) berbantuan media Kusatika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Diana Ermawati, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Numbered Heads Together, Media Kusatika, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 03:49 |
Last Modified: | 17 May 2025 03:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
