ARZA KHAQ, SINKHA (2024) Efektivitas model pmri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pembelajaran matematika pada tingkat kemampuan berpikir kritis siswa rendah dikarenakan kurang mampu menganalisis, merumuskan masalah, dan menyimpulkan informasi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Model pembelajaran yang tidak sesuai dan tidak menarik bagi siswa adalah penyebabnya. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan efektivitas pembelajaran matematika materi piktogram dan diagram batang menggunakan model PMRI pada siswa kelas IV di SD 1 Kaliwungu Kudus tahun ajaran 2023/2024. PMRI merupakan model pembelajaran matematika yang mengoptimalkan pengetahuan matematika siswa dari masalah yang terjadi di dunia nyata. PMRI menekankan proses belajar matematika yang berpusat pada siswa dengan saling berdiskusi, berpikir kritis, fokus, dan sistematis sehingga meningkatkan kemampuan belajar siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir tentang ide atau gagasan yang terkait dengan konsep dan permasalahan yang menghasilkan pola penalaran yang logis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode preeksperiment desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kaliwungu dengan subjek penelitian 24 siswa. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi piktogram dan diagram batang dan variabel bebasnya adalah model PMRI. Wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah diterapkan model PMRI pada pembelajaran. Dilihat dari hasil pretest nilai rata-rata siswa 61 sedangkan nilai rata-rata siswa setelah posttest sebesar 82. Dengan menggunakan model PMRI, terdapat keefektifan penggunaan model PMRI dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata sebesar 58 berkategori sedang dengan presentase sebesar 58,69% dianggap cukup efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD 1 Kaliwungu dipengaruhi oleh penerapan model PMRI. Saran dalam penelitian ini model PMRI perlu diterapkan dan dikembangkan dan diinovasikan pada pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Diana Ernawati, M.Pd. |
Kata Kunci: | Berpikir Kritis, PMRI, Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 05:11 |
Last Modified: | 17 May 2025 05:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
