Efektivitas penggunaan model pembelajaran teams games tournament berbantuan permainan jejak kaki terhadap peningkatan keterampilan menulis kelas i sd 2 demaan

Wihana, Lisa Putri (2024) Efektivitas penggunaan model pembelajaran teams games tournament berbantuan permainan jejak kaki terhadap peningkatan keterampilan menulis kelas i sd 2 demaan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan permainan Jejak Kaki terhadap peningkatan keterampilan menulis sederhana siswa kelas 1 SD 2 Demaan dan mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis sederhana menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Permainan Jejak Kaki siswa kelas I SD 2 Demaan. Model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Permainan Jejak Kaki adalah model dan media pembelajaran yang memiliki struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswa dan bertujuan untuk peningkatan keterampilan menulis sederhana siswa. Pada penelitian ini peneliti melakukan eksperimen untuk meningkatkan keterampilan menulis sederhana siswa menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan permainan Jejak Kaki. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif eksperimen yaitu menggunakan one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 26 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Dengan jumlah sampel sama dengan populasinya yaitu 26 responden. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji T-test dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil yang telah diolah, diperoleh data sebagai berikut: 1) terdapat efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Permainan Jejak Kaki terhadap peningkatan keterampilan menulis sederhana siswa kelas 1 SD 2 Demaan dengan menggunakan uji T-test ditemukan nilai t sebesar -15.629 dengan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebanding dengan 0,00<0,05; 2) terdapat peningkatan keterampilan menulis sederhana setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Permainan Jejak Kaki siswa kelas I SD 2 Demaan menggunakan uji N-Gain siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,5958 atau 59% termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Permainan Jejak Kaki terhadap keterampilan menulis sederhana dan peningkatan keterampilan menulis dalam kategori sedang setelah menggunakan pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Permainan Jejak Kaki. Saran dalam penelitian ini diharapkan sekolah melanjutkan model dan media pembelajaran yang inovatif untuk dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Drs Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or.
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Permainan Jejak Kaki, Keterampilan Menulis Sederhana.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 02:04
Last Modified: 19 May 2025 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23859

Actions (login required)

View Item View Item