SRI WULANDARI, SRI (2024) Pengaruh pendekatan realistic mathematic education berbantuan media rambat terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis kelas v sd 1 jepang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menjawab soal cerita matematika menjadi akar penyebab topik penelitian ini. Temuan pra-penelitian dari wawancara dengan guru kelas V SD 1 Jepang mengungkapkan bahwa anak masih memerlukan bantuan dalam memahami setiap kalimat pada soal cerita. Hal ini juga terlihat pada hasil ulangan harian matematika hanya 50% peserta didik yang mendapat nilai mencapai KKTP, hal ini tergolong kurang baik. Pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan media RAMBAT digunakan peneliti sebagai alternatif proses pembelajaran. Pengaitan matematika dengan realita kehidupan diharapkan dapat membuat peserta didik mampu memahami konsep matematika yang sebagian besar masih bersifat abstrak. Matematika juga mengarahkan peserta didiknya mampu untuk memecahkan suatu permasalahan secara matematis dengan pengalaman sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan jenis Preeksperiment menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data meliputi tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah semua peserta didik kelas V SD 1 Jepang yang berjumlah 18 peserta didik. Sampling jenuh digunakan dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas regresi, dan uji analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini dilakukan dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan diperoleh dari hasil uji t parsial yakni 0,032 < 0,05, dimana hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan. Sedangkan untuk nilai koefisien determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0,257 dimana hal tersebut meningkatnya pengaruh perlakuan sebesar 25,7 %. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan media RAMBAT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas V SD 1 Jepang. Saran yang dapat digunakan pada penelitian yang mendatang yakni agar peneliti dapat menumbuhkan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran matematika agar dapat lebih aktif, dan mampu memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi melalui pengalaman sehari-hari.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Eka Zuliana, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Realistic Mathematic Education, Media RAMBAT, Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:30 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
