Analisis proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas v sd 1 kaliwungu kudus

AULIA FACHRINA, NOVITA (2024) Analisis proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas v sd 1 kaliwungu kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proyek penguatan profil pelajar pancasila di kelas V SD 1 Kaliwungu Kudus tahun ajaran 2023/2024 yang di dalamnya memuat kegiatan pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila,kesiapan SDM dalam pelaksanaan proyek pelajar pancasila, serta hasil dari pelaksanaan kegiatan profil pelajar pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang bertujuan untuk meningkatkan pencapaian kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila di kelas V SD 1 Kaliwungu adalah pembuatan pewarnaan alami benang dan pembuatan lampion benang dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah,Guru kelas V serta menggunakan sampel 9 peserta didik dari total 27 peserta didik kelas V SD 1 Kaliwungu Kudus. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara,catatan lapangan serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian proyek penguatan profil pelajar pancasila di kelas 5 SD 1 Kaliwungu tahun ajaran 2023/2024 sudah di laksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kesiapan guru pada proyek penguatan profil pelajar pancasila masih kurang, terlihat dari tahap perencanaan berupa penyusunan modul proyek yang belum sepenuhnya dikuasai oleh guru serta pada tahap evaluasi, belum ada kesiapan dari guru melaksanakan gelar karya. Kesiapan peserta didik pada tahap perencanaan dan evaluasi sudah baik. Hasil dari pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila di kelas 5 SD 1 Kaliwungu tahun ajaran 2023/2024 berupa pendidikan karakter profil pelajar pancasila yang ditunjukkan dengan adanya 3 dimensi yaitu gotong royong, kreatif dan bernalar kritis. Saran dari penelitian ini yaitu, satuan pendidikan terkait diharapkan dapat mengevaluasi terkait manajemen proyek penguatan profil pelajar pancasila. Kesiapan guru dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila perlu ditingkatkan lagi melalui kegiatan pelatihan, dan topik spesifik diharapkan dapat mencakup seluruh enam dimensi yang ditetapkan dalam profil pelajar pancasila .

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Ika Ari Pratiwi, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr.Wawan Shokib Rondli,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,Pelaksanaan,Kesiapan SDM (Guru), Dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 02:35
Last Modified: 19 May 2025 02:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23867

Actions (login required)

View Item View Item