Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal pada muatan ipas berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sekolah dasar

Novia Ariyanti, Erisha Nindyana (2024) Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal pada muatan ipas berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kebutuhan E-modul berbasis kearifan lokal. (2) Menganalisis desain E-modul berbasis kearifan lokal. (3) Menganalisis efektifitas E-modul berbasis kearifan lokal. (4)Menganalisis hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam penggunaan E-modul berbasis kearifan lokal pada muatan IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model desain dari Borg & Gall. Penelitian dilaksanakan di SDN Soneyan 02 Pati yang melibatkan siswa kelas IV A dan B dan wali kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk memastikan bahwa pengembangan E-modul berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul berbasis kearifan lokal dalam proses pembelajaran menjadi lebih lebih menarik, menyenangkan dan bermakna. (2) E-modul berbasis kearifan lokal didesain untuk mudah diakses dan digunakan oleh siswa kelas IV karena terintegrasi dengan video pembelajaran di Youtobe dan Google Document, dengan begitu E-modul berbasis kearifan lokal melatih kemampuan berpikir kritis siswa di era digitalisasi.(3) Hasil uji T pada pre-test dan post-test literasi membaca mempeorleh skor Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan rara-rata hasil pre-test dan post-test pada literasi membaca siswa penelitian ini. Kemudian pada hasil uji N-Gain pre-test dan post-test literasi membaca memperoleh skor sebesar 0,567 dengan kategori “Sedang”. Perolehan skor N-Gain mengidentifikasi adanya peningkatan literasi membaca siswa kearah yang lebih baik.(4)Hasil pre test dan post-tets dari kemampuan berpikir kritis siswa pada hasil soal tes mengalami peningkatan. Simpulan, bahwa E-modul berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Soneyan 02 Pati.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Fitri Budi Suryani, M. Pd., Dosen Pembimbing: 2. Dr. Irfai Fathurohman, M. Pd.
Kata Kunci: E-modul, Kearifan Lokal, IPAS, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 02:41
Last Modified: 19 May 2025 02:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23868

Actions (login required)

View Item View Item