Keefektifan model tgt (team games tournament) berbantuan media kartu kuartet dalam meningkatkan hasil belajar ipas siswa kelas v sd 1 kaliwungu

RAHMAWATI, NAFIRA (2024) Keefektifan model tgt (team games tournament) berbantuan media kartu kuartet dalam meningkatkan hasil belajar ipas siswa kelas v sd 1 kaliwungu. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Team Games Tournamen berbantuan media kartu kuartet dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 1 Kaliwungu Model Team Games Tournamen berbantuan media kartu kuartet adalah model dan media pembelajaran yang memiliki struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pada interaksi siswa dan bertujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah tingkah laku yang dapat diubah melalui pencapaian yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre- eksperiment desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas V SD 1 Kaliwungu dengan subjek penelitian 26 siswa. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar IPAS dan variabel bebasnya adalah model Team Games Tournamen berbantuan media kartu kuartet. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian dengan model Team Games Tournamen berbantuan media kartu kuartet dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dari Skor Uji Paired Sample T-Test ditunjukkan dengan sig dalam temuan penelitian ini.2 tailed sebesar 0.000 < 0.05 dengan rata-rata nilai pretest sebesar 56.00 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 80.07, hal tersebut terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa. Hasil uji N-Gain dari mean nilai pretest dan posttest diperoleh 0.587 yang kurang dari 0.7 dengan kriteria peningkatan sedang serta dalam tafsiran cukup efektif, hal tersebut terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dikelas V SD 1 Kaliwungu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Team Games Tournamen pada kelas V SD 1 Kaliwungu yang didukung dengan media kartu kuartet ada perbedaan signifikan dan peningkatan hasil belajar siswa pada muatan IPAS pada kelas V SD 1 Kaliwungu.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Model Team Games Tournamen, Media Kartu Kuartet
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 02:40
Last Modified: 19 May 2025 02:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23869

Actions (login required)

View Item View Item