Pengembangan media flipchart berbasis komik sejari dalam meningkatkan minat belajar pendidikan pancasila kelas v sd 9 gondosari

ANGGRAENI, APRILIA DEBBY (2024) Pengembangan media flipchart berbasis komik sejari dalam meningkatkan minat belajar pendidikan pancasila kelas v sd 9 gondosari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Pada penelitian ini peneliti mengembangkan media flipchart berbasis komik sejari untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui respon siswa terhadap media flipchart berbasis komik sejari, menguji kelayakan media flipchart berbasis komik sejari, dan mengukur tingkat minat belajar siswa. Media flipchart berbasis komik sejari (Sejarah NKRI) adalah media pembelajaran yang menggunakan gambar, teks, dan alur cerita. Isi dari media pembelajaran ini adalah menyajikan alur cerita yang membahas materi tentang sejarah NKRI untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD 9 Gondosari. Teknik uji coba yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Variable bebas pada penelitian ini adalah media flipchart berbasis komik sejari, sedangkan variable terikatnya adalah minat belajar siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media flipchart berbasis komik sejari mendapatkan hasil validasi dari validator 1 dengan hasil presentase sebesar 92% kategori “sangat layak’, validator 2 dengan hasil presentase sebesar 98% kategori “sangat layak”, dari validator 3 hasil presentase sebesar 100% kategori “sangat layak”, dan validator 4 hasil presentase sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”. Skor rata-rata validasi sebesar 97,5% dengan kriteria “sangat layak”. Respon siswa menunjukkan kepraktisan penggunaan media pada 12 siswa mendapatkan skor terendah 40 dengan presentase sebesar 83% dan skor tertinggi 46 dengan presentase 96%, hal ini menunjukkan bahwa media flipchart berbasis komik sejari “praktis” digunakan. Peningkatan minat belajar siswa dari hasil uji N-Gain diatas dilihat bahwa nilai rata-rata N-Gain skor sebesar 0,83 dan N-Gain persen sebesar 83% yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang “tinggi”. Kesimpulan media flipchart berbasis komik sejari dengan kriteria “sangat layak” valid untuk digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V. Respon siswa menunjukkan bahwa media “praktis” digunakan pada pembelajaran. Minat belajar menggunakan media flipchart berbasis komik sejari menunjukkan peningkatan dengan kategori minat belajar “tinggi”.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Komik, Mengenal Sejarah NKRI, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 03:22
Last Modified: 19 May 2025 03:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item