Herukmana, Nalendra (2024) Pengembangan media pembelajaran “dicinta” pada materi bagian tumbuhan kelas iv sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran DICINTA pada materi bagian tumbuhan kelas IV Sekolah Dasar, mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran DICINTA pada materi bagian tumbuhan siswa kelas IV Sekolah Dasar, menguji dan membuktikan kelayakan media pembelajaran DICINTA pada materi bagian tumbuhan siswa kelas IV Sekolah Dasar, serta mengukur efektivitas media pembelajaran DICINTA pada materi bagian tumbuhan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan langkah-langkah penelitian oleh Sugiyono (2016:298) yang terdiri dari sepuluh langkah, yaitu: 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) ujicoba pemakaian, 9) evaluasi dan revisi akhir, 10) tahap desiminasi. Pada penelitian ini, dibatasi hanya sampai langakah ke-8 yaitu ujicoba pemakaian. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas IV Kecamatan Lasem dan siswa kelas IV SDN Ngemplak, SDN 3 Soditan dan SDN Soditan. Langkah pengembangan media DICINTA pada muatan pelajaran IPA, meliputi analisis CP-TP, analisis tujuan pembelajaran, analisis materi pembelajaran, dan desain pengembangan media. Kemudian peneliti mendesain media DICINTA menggunakan Canva yang dikembangkan menjadi sebuah media digital interaktif yang di dalamnya terdapat menu-menu yang dapat dioperasikan siswa secara langsung. Hasil pengembangan media “DICINTA” melalui pembuatan aplikasi dengan menggunakan aplikasi “canva” yang berisi. Media Pembelajaran Canva dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada siswa dan guru kelas IV di tiga Sekolah Dasar di kecamatan Lasem Kabupaten Rembang.Hasil validasi validator ahli media 92%, dan validator ahli materi 96% dengan kategori sangat baik. N-Gain kelas kontrol 1 sebanyak 0,26 dan kelas kontrol 2 sebanyak 0,25 kategori rendah. Pada kelas eksperimen 1 N_Gain 0,80 dan N_Gain pada kelas eksperimen 2 sebanyak 0,84 tergolong tinggi. Hasil uji t kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol 1 diperoleh harga t hitung 12,03 dan t tabel 2,30. Demikian juga pada kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol 2 harga t hitung 11,20 dengan taraf signifikansi α = 5% maka nilai t-tabel adalah 2,34. Hasilnya, nilai t hitung (uji t) lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (uji t > t tabel). Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa media DICINTA dapat digunakan dalam pembelajaran IPAS kelas IV SD.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Dr.Nur Fajrie,M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran, digital Interaktif, IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:24 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
