FEBIANA, CINDY (2024) Penerapan make a match pada materi sudut untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa kelas iv sdn 5 tegalrejo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
roses pembelajaran di kelas yang monoton dan kurangnya variasi alat peraga menjadikan siswa kurang antusias dan ketidakmaksimalan dalam mengikuti pembelajaran matematika. Kenyataannya ditemui di SDN 5 Tegalrejo hasil nilai prasiklus pembelajaran matematika siswa rendah yaitu terdapat 9 (42,85) siswa tuntas dan 12 (57,14) siswa tidak tuntas dengan perolehan rata-rata nilai 62,85. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa berbantuan kartu berpasangan pada mata pelajaran matematika materi sudut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui model Make A Match untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa pada pembelajaran matematika materi sudut. Model Make A Match adalah suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk bekerja sama dan bertanggung jawab atas apa yang telah mereka pelajari. Model Make A Match mengajak siswa saling bekerja sama mencari pasangan kartu pertanyaan matematika atau jawaban dari kartu matematika yang sudah didaparkan. Kemampuan berpikir analisis adalah kemampuan siswa dalam menelaah sebuah permasalahan, mencari faktor penyebab dari permasalahan serta mengetahui alasan apa yang dituliskan dari hasil pendapat siswa. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 5 Tegalrejo dengan subjek penelitian 21 siswa dan guru yang berlangsung dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir analisis, sedangkan variabel bebasnya yaitu model Make A Match. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analisis siswa dimana diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 72,61 kriteria sedang pada siklus II rata-rata 88,09 kriteria tinggi dengan presentase klasikal 76,19%. Aktivitas belajar siswa siklus I 2,81 kemudian siklus II mengalami kenaikan 3,36 diperoleh rata-rata klasikal 2,71 dengan kriteria sangat baik dalam proses pembelajaran menggunakan model Make A Match berbantuan kartu berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan model Make A Match berbantuan kartu berpasangan dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa pada materi sudut kelas IV SDN 5 Tegalrejo. Model Make A Match juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Imaniar Purbasari, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lovika Ardana Riswari, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Berpikir Analisis, Make A Match, Kartu Berpasangan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 07:06 |
Last Modified: | 19 May 2025 07:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
