Aushof, Khoiroma (2024) Profil kemampuan komunikasi matematis berdasarkan minat belajar siswa (studi kasus di sdut bumi kartini jepara). Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika dan variasi minat belajar siswa yang dapat mempengaruhi kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDUT Bumi Kartini Jepara. Pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar, dan wawancara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau berdasarkan minat belajar siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar memiliki keterkaitan dimana kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa untuk menyampaikan ide-ide matematis secara jelas, baik secara lisan maupun tulisan. Sedangkan minat belajar matematika adalah kecenderungan siswa untuk tertarik dan terlibat dalam aktivitas pembelajaran matematika. Subjek yang memiliki minat belajar tingkat tinggi setelah dianalisis, disimpulkan bahwa subjek dapat menyelesaikan semua indikator kemampuan komunikasi matematis yang baik, yaitu representasi, menulis, membaca, diskusi, dan mendengarkan. Subjek kemampuan komunikasi matematis berdasarkan minat belajar tingkat sedang. Subjek yang memiliki minat belajar tingkat sedang setelah dianalisis, disimpulkan bahwa subjek dapat menyelesaikan empat indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu mendengar, diskusi, menulis, dan representasi. Subjek dengan kategori minat belajar rendah masih kesulitan dalam memahami soal dan untuk membuat strategi pengerjaan soal dalam memecahkan masalah. Subjek ini masih belum yakin dengan kemampuannya dan tidak mau berusaha mencoba menyelesaikan pemecahan soal sehingga subjek masih sering berdiskusi saat menjawab soal
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sumaji, M.Pd Dosen Pembimbing: 2. Dr. Henry Suryo Bintoro, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar, Siswa SD |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 07:33 |
Last Modified: | 19 May 2025 07:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
