Profil kemampuan komunikasi matematis berdasarkan minat belajar siswa (studi kasus di sdut bumi kartini jepara)

Aushof, Khoiroma (2024) Profil kemampuan komunikasi matematis berdasarkan minat belajar siswa (studi kasus di sdut bumi kartini jepara). Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika dan variasi minat belajar siswa yang dapat mempengaruhi kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDUT Bumi Kartini Jepara. Pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar, dan wawancara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau berdasarkan minat belajar siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar memiliki keterkaitan dimana kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa untuk menyampaikan ide-ide matematis secara jelas, baik secara lisan maupun tulisan. Sedangkan minat belajar matematika adalah kecenderungan siswa untuk tertarik dan terlibat dalam aktivitas pembelajaran matematika. Subjek yang memiliki minat belajar tingkat tinggi setelah dianalisis, disimpulkan bahwa subjek dapat menyelesaikan semua indikator kemampuan komunikasi matematis yang baik, yaitu representasi, menulis, membaca, diskusi, dan mendengarkan. Subjek kemampuan komunikasi matematis berdasarkan minat belajar tingkat sedang. Subjek yang memiliki minat belajar tingkat sedang setelah dianalisis, disimpulkan bahwa subjek dapat menyelesaikan empat indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu mendengar, diskusi, menulis, dan representasi. Subjek dengan kategori minat belajar rendah masih kesulitan dalam memahami soal dan untuk membuat strategi pengerjaan soal dalam memecahkan masalah. Subjek ini masih belum yakin dengan kemampuannya dan tidak mau berusaha mencoba menyelesaikan pemecahan soal sehingga subjek masih sering berdiskusi saat menjawab soal

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sumaji, M.Pd Dosen Pembimbing: 2. Dr. Henry Suryo Bintoro, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar, Siswa SD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 07:33
Last Modified: 19 May 2025 07:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23893

Actions (login required)

View Item View Item