Pengembangan e-lkpd materi pancasila dalam kehidupanku pada siswa kelas v sekolah dasar

Nikmah, Khoirun (2024) Pengembangan e-lkpd materi pancasila dalam kehidupanku pada siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan E-LKPD materi Pancasila dalam kehidupanku, (2) menganalisis desain E-LKPD materi Pancasila dalam kehidupanku, (3) menganalisis kelayakan E-LKPD materi Pancasila dalam kehidupanku, (4) menganalisis keefektifan E LKPD dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar materi Pancasila dalam kehidupank. Metode penelitian ini menggunakan penelitian R&D degan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations). Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 2 Jojo, SDN 1 Jojo, SDN 3 Adiwarno, dan SDN 3 Jojo. Teknik pengumpulan data kualitatif melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi, sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif melalui tes dan angket. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, dokumentasi, observasi, angket validitas, angket respon, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. E-LKPD materi Pancasila dalam kehidupanku memuat CP, TP, petunjuk penggunaan, apersepsi, materi, video, latihan soal, evaluasi, dan profil pengembang. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 3,46 dengan kriteria sangat layak, ahli materi memperoleh skor 3,55 dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa memperoleh skor 3,88 dengan kriteria sangat layak. Angket respon siswa dan guru memperoleh skor 3,68 dan 3,67 dengan kriteria sangat layak semua. Hasil n-gain kelas eksperimen 0,64 sedangkan kelas kontrol 0,49 sehingga hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Nilai signifikansi uji t-independen lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,020 artinya ada perbedaan antara siswa yang mengikuti kegiatan belajar menggunakan E-LKPD dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan. Kesimpulan dalam penelitian ini, E-LKPD materi Pancasila dalam kehidupanku efektif digunakan pada siswa kelas V SD di gugus Ki Hajar Dewantara Mejobo. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru dapat memanfaatkan produk E-LKPD.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Bahan Ajar, E-LKPD, Pancasila dalam kehidupanku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2025 03:50
Last Modified: 20 May 2025 03:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23905

Actions (login required)

View Item View Item