SUSANTI, SUSANTI (2024) Kemampuan kreativitas pola motif daun dalam membuat karya seni batik ecoprint di taman kanak-kanak kecamatan rembang. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Kreativitas adalah aspek yang harus dikembangkan dalam pembelajaran di usia dini. Salah satu cara mengembangkan kreativitas adalah membuat karya seni batik ecoprint. Guru memberikan panduan, contoh-contoh proses pembuatan karya seni batik ecoprint. Diharapkan dengan mengenalkan budaya lokal membatik mampu mengembangkan kreativitas anak dalam bidang seni. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk menganalisis proses kreativitas pola motif daun dalam membuat karya seni batik ecoprint, 2) Untuk menganalisis tingkat kemampuan anak-anak taman kanak-kanak dalam kreativitas pola motif daun dalam membuat karya seni batik ecoprint. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran (mix method) Sequensial Exploratory yaitu menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif secara berurutan. Populasi penelitian berjumlah 593 peserta didik terdiri dari TKIT Permata Bunda, TKIT Al Ihsan, TK Muslimat NU, TK Kartika Sari, TK Mardi Siwi, TK Al Furqon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling artinya teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Didapatkan salah satu temuan yang didapat oleh peneliti saat penggunaan membatik ecoprint dilakukan diantaranya: Anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, yang terjadi anak selalu bertanya tentang apa yang dia lihat pada saat menjelajahi lingkungan di sekitar sekolah,anak lebih kreatif dengan hasil yang bervariasi dan indah. Hasil penelitian diperoleh bahwa kreativitas anak signifikan mempengaruhi kemampuan dalam menghasilkan pola motif daun batik ecoprint . Setiap peningkatan satu unit kreativitas anak menghasilkan pola batik sebesar 0,297 unit. Terdapat pula perbedaan yang signifikan antara pola motif batik ecoprint yang dihasilkan oleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata nilai sebesar 41.9620, sementara kelompok kontrol memiliki rata-rata nilai 37.8493 Dari penelitian ini disarankan bahwa:1) Memperkuat Pengembangan Kreativitas Anak 2) Peningkatan Metode Pembelajaran di Kelompok Eksperimen 3) Mendorong Penggunaan Seni untuk Mengenalkan Budaya Lokal 4) Monitoring dan Evaluasi Berkelanjutan 5) Pelatihan untuk Guru 6) Kolaborasi dengan Komunitas Lokal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing: 2. Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd |
Kata Kunci: | Kreativitas, Pola Motif Daun, Batik Ecoprint |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:42 |
Last Modified: | 20 May 2025 07:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
