SRIYANI, DARTIK (2024) Engembangan media permainan engklek gotong royong (enggoro) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas iv sdn mantingan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pembelajaran yang dilaksanakan guru mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang monoton dan hanya memanfaatkan buku teks membuat pembelajaran menjadi kurang efektif sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan fakta yang ditemukan di SDN Mantingan Kecamatan Jaken Kabupaten Pati bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terutama pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang disebabkan oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif di dalam proses pembelajaran dan terbatasnya kemampuan guru untuk mengembangkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan pengembangan media, respon siswa menggunakan media, dan efektifitas penggunaan media Enggoro untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mantingan. Media Enggoro merupakan media permainan engklek gotong royong yang dikembangkan menggunakan bahan banner dan dimainkan dua orang atau lebih, serta dilengkapi dengan gacu untuk bermain dan kartu pertanyaan yang harus dijawab oleh masing-masing kelompok. Media Enggoro ini dapat mendidik siswa untuk berkompetisi dan bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mantingan Jaken Kabupaten Pati dengan subjek penelitian 29 siswa kelas IV SDN Mantingan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Februari – 2 Maret 2024. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV, sedangkan variabel bebasnya adalah media Enggoro. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini membuktikan bahwa media Enggoro sangat layak diterapkan dalam pembelajaran, mendapat respon baik dari siswa serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata validasi media sebesar 93,33% dan validasi materi sebesar 93% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil respon siswa terhadap penggunaan media Enggoro memperoleh nilai rata-rata respon sebesar 93,23% yang termasuk dalam kategori respon sangat baik. Hasil analisis keefektifan media Enggoro memperoleh nilai N-Gain 0,881 yang termasuk dalam kategori peningkatan tinggi. Terdapat perbedaan hasil belajar pretest dan posttest menggunakan uji paired sample t-test yang menunjukkan nilai t hitung sebesar -15,163 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Enggoro. Adanya penelitian ini hendaknya guru dapat termotivasi untuk menerapkan media pembelajaran yang inovatif atau mengembangkan media permainan engklek untuk materi-materi yang lainnya sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. |
Kata Kunci: | Media Enggoro, Hasil Belajar, Gotong Royong |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:59 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
