CHOLIDA, NOOR IDA (2024) Efektivitas penggunaan model role playing berbantuan media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep muatan ipas siswa kelas v sdn demangan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran siswa cenderung berpusat pada guru yang menggunakan metode ceramah sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman konsep IPAS siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN Demangan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perbedaan rata-rata nilai pretest-posttest dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPAS siswa kelas V dalam penerapan model role playing berbantuan kartu bergambar. Model pembelajaran role playing adalah model pembelajaran bermain peran yang membahas suatu topik dan dirancang untuk mendorong siswa untuk aktif dan kreatif serta memiliki keterampilan berbicara yang baik. Kartu Bergambar adalah media kartu yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang bertujuan membantu meningkatkan kreativitas dan daya ingat siswa terhadap materi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan preeksperiment tipe one group pretest-posttest ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Demangan dengan sampel penelitian 15 siswa. Variabel Terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep IPA, sedangkan variabel bebasnya adalah model role playing berbantuan media kartu bergambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penlitian ini adalah tes, yang meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test dan uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan ratarata nilai pretest dan posttest dalam penerapan model role playing berbantuan media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep IPAS. (2) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPAS siswa setelah penggunaan model role playing berbantuan media kartu bergambar sebesar 72,74 dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan dan peningkatan penggunaan model role playing berbantuan media kartu bergambar terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS siswa kelas V SDN Demangan. Saran dalam penelitian ini yaitu mengembangkan media pada penelitian selanjutnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. |
Kata Kunci: | Model Role Playing, Kartu Bergambar, Pemahaman Konsep IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:10 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
