RAHMADANI, FRANSISKA NOVA (2024) Peningkatan hasil belajar mengenal huruf abjad melalui model pembelajaran make a macth berbantuan media kartu rangkaian huruf kelas 1 sd n 1 blimbingrejo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini di buktikan dengan hasil observasi yang ditemukan peneliti di SD N 1 Blimbingrejo bahwasanya saat proses pembelajaran masih monoton. Guru belum menerapkan model pembeljaran ., tidak pernah menggunakan media pembelajaran dan tidak sering melakukan diskusi kelompok dan lebih sering memberikan latihan soal dibanding menejlaskan materi terlebih dahulu. Permasalahan dalam meningkatkan hasil belajar yang dilakukan oleh guru masih terpacu pada latihan – latihan soal saja tanpa memberikan pemahaman materi atau konsep terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan guru melalui model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu rangkaian huruf. Make A Match merupakan model pembelajaran kooperatif yang didalamnya melibatkan siswa untuk mencari pasangan kartu yang sesuai dengan soal atau jawaban yang telah disiapkan oleh peneliti. Model Make A Match ini digunakan untuk siswa belajar secara kolaboratif dan siswa juga dapat aktif didalam kelompok kecil. Peneliti menggunakan Make A Match berbantuan media kartu rangkaian huruf agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, lebih menarik dan tidak monoton saat pembelajaran berlangsung. Media kartu rangkaian huruf ini merupakan media pembelajaran yang menggunakan kartu yang didalamnya berisi gambar serta huruf-huruf yang disusun agar menjadi sebuah kata sesuai dengan gambar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas I SD N 1 Blimbingrejo Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian 28 siswa dan guru yng berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian setelah diterapkannya model MAM berbantuan media kartu rangkaian huruf membuktikan terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I dengan presentase 75% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Keterampilam mengajar guru pada siklus I dari presentase 84% meningkat pada siklus II menjad i 89,5% Penelitian ini hendaknya guru menerapkan model MAM berbantuan medai kartu rangkaian huruf untuk mempermudah siswa memahami materi mengenal huruf vokal dan huruf konsonan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Ristiyani, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd.,M.A. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Model Make A Match, Media Kartu Rangkaian Huruf, Pembelajaran Bahasa Indonesia. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:39 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
