Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pendidikan pancasila pada siswa kelas iv di sd 2 burikan

MIFTAKHUL FALAKH, BAGUS (2024) Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pendidikan pancasila pada siswa kelas iv di sd 2 burikan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Burikan dalam pelajaran Pendidikan Pancasila. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a match terhadap hasil Belajar Siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV Di SD 2 Burikan (2) Untuk mengetahui pengaruh Perbedaan rata-rata pre-test dan post test terhadap hasil belajar siswa Pendidikan Pancasila kelas IV SD 2 Burikan dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Pada penelitian ini peneliti menggunakan eksperimen untuk mengetahui pengaruh menggunakan model pembelajaran make a match, yang dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Serta penggunaan media kartu kebangsaan berupa kartu yang dapat dijadikan alat bantu untuk memahami materi mengenai keberagaman budaya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain Kuantitatif eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan ranah kognitif. Tempat penelitian di kelas IV SD 2 Burikan. sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 siswa. Menggunakan analisis data berupa uji validasi, uji-t dan uji n-gain Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model pembelajaran make a match dapat Mempengaruhi hasil belajar siswa diatas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, selain itu terdapat perbedaan rata-rata skor pretest dan postest setelah menggunakan model make a match. Hasil N-Gain menunjukkan nilai sebesar 0, 5920 yang artinya kriteria pengaruh peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbasis media kartu kebangsaan mendapat pengaruh peningkatan dengan kriteria sedang. Upaya untuk mendapatkan hasil belajar lainya disarankan untuk menerapkan model make a match untuk materi lainya Model pembelajaran make a match perlu dikembangkan dan diterapkan pada materi lain.Pada saat melakukan penelitian harus dapat mengajak seluruh siswa untuk ikut aktif pada saat pembelajaran dan lebih percaya diri dalam proses pembelajaran, serta mampu berdiskusi dengan teman selama proses diskusi kelompok berlangsung untuk saling bertukar pikiran dengan teman lainya sehingga mampu meningkatkan hasil belajar yang diinginkan

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Deka Setiawan, S.Pd,M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Much.Arsyad Fardani,S.Pd,M.Pd
Kata Kunci: Pendidikan Pancasila, Make a match, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 May 2025 02:46
Last Modified: 22 May 2025 02:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23928

Actions (login required)

View Item View Item