JAUHAROTU NABILA, HANA RIZKI (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE UNTUK KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA DI SLB N PURWOSARI KUDUS PADA SISWA KELAS 2. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan edukatif berbentuk puzzle guna meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita di SLB N Purwosari Kudus. Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan media pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut, yang kurang mampu merangsang perkembangan motorik halus siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan pengembangan permainan puzzle yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan belajar anak tunagrahita kelas 2. Media puzzle yang dikembangkan dalam penelitian ini tidak hanya membantu siswa dalam mengenali angka tetapi juga melatih kesabaran dan konsentrasi mereka. Puzzle dirancang dengan warna-warna menarik dan ukuran yang sesuai untuk memudahkan siswa dalam memahami dan memainkannya. Hal ini membantu siswa dalam menjalani pembelajaran sambil bermain dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas II SLBN Purwosari Kudus Kecamatan Kota Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 10 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Model ini mencakup lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan posttest untuk mengukur efektivitas media puzzle terhadap perkembangan motorik halus siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan motorik halus siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata pretest dan posttest yang signifikan. Berdasarkan uji N Gain, peningkatan kemampuan motorik halus siswa berada pada kategori sedang dengan persentase peningkatan sebesar 67,20%. Selain itu, uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media permainan edukatif puzzle efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus siswa tunagrahita di SLB N Purwosari Kudus. Oleh karena itu, diharapkan media ini dapat digunakan secara luas di sekolah-sekolah luar biasa lainnya sebagai alat bantu pembelajaran yang bermanfaat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.M. Syaffruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. Dosen Pembimbing: 2.Fatikhatun Najikhah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pengembangan Media, Puzzle Angka, Motorik Halus, Tunagrahita, SLB |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 06:42 |
Last Modified: | 22 May 2025 06:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
