IZZAH, NURUL (2024) Kecerdasan logis siswa autis dalam pembelajaran anggota tubuh hewan dan tumbuhan menggunakan model pbl berbantuan e-modul wisemind. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pembelajaran model konvensional bukanlah jawaban dari segala metode guru selama ini, justru hal tersebut akan mengurangi daya pikir suswa agar lebih berpikir kritis dan meningkatkan kecerdasan logis mereka. Hal ini dibuktikan di SDLB Sunan Kudus. Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kecerdasan logis siswa jika dipengaruhi model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan E-modul WISEmind. Media pembelajaran berupa E-Modul WISEmind, e-modul yang dirangkai sedemikian rupa untuk digunakan oleh siswa berkebutuhan khusus terutama siswa autis. Dimana modul tersebut sudah teruji dan disesuaikan dengan karakter dan kriteria siswa autis. Modul ini juga mengandung pembelajaran berkearifan local dimana mengambil kearifn local daerah sekitaran Pantura. Penelitian gabungan atau mixed method merupakan penelitian yang mencakup 2 metode sekaligus yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian gabungan ini bertujuan untuk menguatkan kelemahan penelitian kuantitatif sebelumnya atau sebaliknya. Pada penelitian ini menggunakan desain sekuential eksplanatori, dimana pengambilan data kuantitatif kemudian analisis data menggunakan analisis kuantitatif kemudian pengambilan data kualitatif dan dibutuhkan juga dukungan dari analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini dengan ditunjukkan hasil pembelajaran IPAS dilihatkan perbedaan rata-rata pretest dan posttest siswa. Pernyataan perbedaan tersebut didukung dengan hasil perhitungan menggunakan program computer SPSS Statistik 25 dengan uji paired sample T-Test dan uji N-Gain. Selain pengujian kuantitaif, kevalidan pada penelitian ini juga didukung dengan observasi, dan dokumentasi di kelas 4 SDLB Sunan Kudus dan wawanacara kepada guru kelas Bu Chotim Surya Ningsih, S.Pd. Simpulan yang didapatkan adalah: (1) penggunaan model PBL berbantuan e-modul WISEmind terdapat perbedaan rata-rata skor yang signifikan terhadap hasil kemampuan kecerdasan logis siswa sebelum dan sesudah perlakuan, dan memiliki peningkatan yang valid. (2) media e-modul yang digunakan sudah dapat diuji dan dapat diterapkan pada siswa berkebutuhan khusus dengan tetap memerhatikan pendampingan yang baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Khamdun, M.Pd. |
Kata Kunci: | PBL, e-modul, IPA, mixed method |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:45 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
