SHAHIDA PUTRI, ANGGITA (2024) Pengembangan media pembelajaran mentari (e-modul berbentuk flipbook maker bangun datar berbasis etnomatematika) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas iv sd 1 mejobo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Keberhasilan siswa dalam proses belajar khususnya melalui media pembelajaran, diukur melalu peningkatkan kemampuan siswa terhadap pemecahan masalah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada materi menghitung keliling dan luas bangun datar kelas IV SD 1 Mejobo. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MENTARI (E-Modul Berbentuk Flipbook Maker Bangun Datar Berbasis Etnomatematika) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis kelas IV SD 1 Mejobo. Media Flip Book Maker dapat menyajikan materi pembelajaran dalam disajikan bentuk kata-kata, kalimat, gambar, dan animasi dapat dilengkapi dengan warna-warna. Media ini berbasis etnomatematika yang mengajarkan budaya lokal dan keunikan karakter siswa yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika sebagai sebuah usaha dari beberapa tahapan yang tepat untuk memperoleh jawaban dari soal yang dikerjakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Research and Development (R&D). Tahap penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi atau penerapan), dan evaluate (evaluasi). Intrumen pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawanacara, observasi, dokumentasi, tes dengan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis data validasi, uji normalitas, dan Uji N Gain. MENTARI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Pernyataan tersebut dapat diperoleh dari hasil uji Normalitas dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS versi 25. Uji Normalitas data pretest dan posttest berdistribusi normal, karena signifikan pretest 0,209 > 0,05 dan siginifikan posttest 0,917 > 0,05. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil N-Gain sebesar peningkatan ratarata sebesar 0,69 dengan kategori “sedang”. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) rata-rata skor uji validitas materi sebesar 93% juga dengan kategori kelayakan “sangat layak”. (2) Berdasarkan angket respon dari 15 orang siswa kelas IV memperoleh rata-rata skor sebesar 91% dengan kategori “sangat layak” (3) rata-rata N-Gain persen sebesar 69,2023% dengan kriteria tafsiran keefektifan “cukup efektif”
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing: 2.Much Arsyad Ardani, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Flipbook Maker, Pemecahan Matematis, Etnomatematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:22 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
