NUR HALIZA, SHOFIYA (2024) Pengaruh model stad berbantuan media truth or dare terhadap hasil belajar sumatif siswa pada pembelajaran ipas kelas iv sdn jetak. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian terhadap siswa dalam proses pembelajaran IPAS kelas IV SDN Jetak. Guru dalam menerangkan masih menggunakan cara yang monoton, mudah menggantuk dan suasana kelas yang tidak kondusif dan tidak adanya model atau media dalam pembelajaran. Adanya tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh model STAD berbentuk media Truth Or Dare terhadap hasil belajar sumatif siswa. Model STAD berbantuan media Truth Or Dare dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan berlatih menyampaikan informasi kepada kelompok lain dalam proses pembelajaran. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran yang berupa penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan dengan adanya perubahan tingkah laku kepada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang akan dilaksanakan di kelas IV SDN Jetak. Menggunakan pendekatan Quasi eksperimen yaitu one grup pretest-posttest design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar sumatif, sedangkan variabel bebasnya adalah model STAD (Student Teams Achievment Division) berbantuan media Truth Or Dare. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana dan N-Gain. Hasil dari penelitian ini adalah Uji N-Gain dengan model STAD berbantuan media Truth Or Dare memperoleh hasil 0.59 yang dikategorikan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan pembelajaran menggunakan model STAD berbantuan media Truth Or Dare dapat memberikan pengaruh terhadap siswa dalam memecahkan masalah IPAS. Berdasarkan Uji Regresi Linear sederhana diperoleh dengan nilai 0.001. dimana 0.001 adalah <0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan mengenai hasil belajar sumatif siswa pada mata pembelajaran IPAS antara sebelum dan sesudah menerapkan model STAD berbantuan Truth Or Dare. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh penggunaan model STAD berbatun media Truth Or Dare terhadap hasil belajar sumatif siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN Jetak.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Su’ad, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model STAD, Media Truth Or Dare, Hasil Belajar Sumatif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:02 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
