ARDHA MAULANA, AJITAMA (2024) Engaruh model pembelajaran problem based learning berbasis augmented reality terhadap pemahaman konsep ipas siswa kelas v sdn banjarsari 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
roses Pembelajaran yang monoton dan konvensional menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPAS. Hal iini dibuktikan dengan fakta lapangan yang ditemui di SDN Banjarsari 1 dengan adanya siswa pasif selama proses pembelajaran dan minimnya media. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Augmented Reality dan mengetahui peningkatan terhadap pemahaman konsep IPAS kelas V SDN Banjarsari 1. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang memfokuskan siswa lebih aktif dengan menunjukkan sikap kritis dalam pemberian orientasi masalah dan untuk mencari solusi secara nyata melalui kemampuan berpikirnya secara individu atau berkelompok. Augmented Reality adalah media teknologi yang menggabungkan elemen digital atau virtual 3D. Pemahaman konsep adalah kemampuan menjelaskan suatu konsep dengan kata-kata sendiri dan dapat menarik kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan preexperimental dengan desain one group pretest-posttest ini akan dilakukan di kelas V SDN Banjarsari 1 yakni 32 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Variabel terikatnya adalah pemahaman konsep IPAS, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Augmented Reality. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji n-gain. Rata-rata nilai pretest mendapatkan 51.50 sedangkan rata-rata nilai posttest mendapatkan 83.68. Hasil uji prasyarat berupa uji normalitas jenis Shapiro-Wilk pretest sebesar 0.050 dan posttest sebesar 0.120 sehingga dapat dinyatakan berdistribusi normal karena hasil pretest dan posttest > 0.05. Hasil uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 27 diperoleh hasil signifikansi < 0.05 yaitu 0.001 artinya nilai sig < 0.05 maka Ho ditolak Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan dan melalui hasil uji n-gain menunjukkan skor 0.6841 yang kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Augmented Reality terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil pemahaman konsep saat sesudah dan sebelum diberikan perlakuan. Sehingga terdapat peningkatan terhadap pemahaman konsep IPAS materi peristiwa alam siswa kelas V SDN Banjarsari 1.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Sekar Dwi Ardianti, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lovika Ardana Riswari, M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Augmented Reality, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 01:55 |
Last Modified: | 24 May 2025 01:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
