RAHMAWATI, NUR INDAH (2024) Pengaruh penggunaan model pembelajaran role playing berbantuan media rotar (roda putar) terhadap prestasi belajar siswa kelas iii sdn 1 bulungcangkring. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Role palying berbantuan media Rotar (Roda Putar) dan mengetahui peningkatan terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN 1 Bulungcangkring. Model pembelajaran Role Playing mendorong peserta didik untuk memainkan peran tertentu, terutama yang terkait dengan masalah sosial. Dengan menerapkan metode ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman mereka dan meningkatkan prestasi belajar. Media Rotar (Roda Putar) sebuah media berbentuk lingkaran yang dapat diputar, dimana pada bagian lingkaran terbagi menjadi 5 bagian dengan warna-warna menarik dan setiap bagiannya terdapat teks narasi, serta soal terkait dengan denah dan sikap yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila. Prestasi belajar merupakan hasil dari kegiatan belajar mengajar yang dievaluasi melalui penilaian nilai oleh guru pada setiap mata pelajaran yang dipelajari siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling, dengan populasi penelitian adalah kelas IV dengan jumlah siswa 33, dan sampel penelitian adalah kelas IV dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji Shapiro wilk, uji paired sample t-test, dan uji Ngain. Analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikasi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Pada prestasi belajar kognitif, diperoleh nilai rata-rata 73,18 setelah perlakuan, sedangkan sebelum perlakuan 42,33. Pada aspek afektif, diperoleh nilai rata-rata 77,58 setelah perlakuan, sedangkan sebelum perlakuan 52,12. Pada aspek psikomotorik, diperoleh nilai rata-rata 81,39 setelah perlakuan, sedangkan sebelum perlakuan 54,73. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan pada ketiga aspek, dengan nilai rata-rata N-Gain score pada aspek kognitif 0,5492 (kategori sedang), aspek afektif 0,5480 (kategori sedang), dan aspek psikomotorik 0,6010 (kategori sedang). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Role Playing berbantuan media Rotar (Roda Putar) berpengaruh positif dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN 1 Bulungcangkring, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.A. Bakhruddin, S.P.d.I., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Role Playing, Media Rotar (Roda Putar), Prestasi Belajar, Siswa Kelas III |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 05:05 |
Last Modified: | 24 May 2025 05:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
