YUSUF ALHAMDANI, MUH HAIDIR (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran aplikasi mabar air terhadap literasi sains siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi Sains siswa kelas IV SD 2 Rejosari melalui penerapan model Problem Based Learning dengan bantuan media aplikasi mabar air pada pembelajaran IPAS Bab 7 materi Siklus Air dan Perubahanya. Kemampuan literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan buktibukti, dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia. Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang agar peserta didik memiliki kecakapan untuk bekerjasama dengan teman (berdiskusi) dalam memecahkan suatu masalah serta akan mendapatkan pengetahuan yang didapatkan melalui suatu proses menemukan sendiri. Mabar Air merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, aplikasi dan internet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Rejosari yang berjumlah 8 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain the one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan Paired Sample t-Test dan NGain. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Paired Sample t-Test didapatkan nilai signifikansi 0,00 dimana (0,00<0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya rata-rata kemampuan literasi sains siswa setelah diberikan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media aplikasi mabar air lebih baik dari pada rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media aplikasi mabar air berpengaruh sebesar 0,6433 dengan kategori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan aplikasi mabar air terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD 2 Rejosari Kudus, sehingga perlu adanya pengembangan media aplikasi mabar air untuk diterapkan pada materi lain agar dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. FinaFakhriyah, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Siti Masfuah, M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Sains, Aplikasi Mabar Air. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 04:53 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
