AYUNI KUMALASARI, NUNIK TRI (2024) Pengembangan modul pembelajaran sastra anak berbasis kearifan lokal kabupaten grobogan untuk pembelajaran menulis cerpen pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas iv sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Praktiknya keterampilan menulis siswa di sekolah dasar sering kali kurang mendapat perhatian. penyebab siswa gagal menulis karena mereka hanya menggunakan pembelajaran dengan pendekatan ceramah dan tidak memiliki alat yang dapat mengonkritkan bagaimana mereka memahami kegiatan menulis. Peranan bahan ajar modul pembelajaran sastra anak berbasis kearifan lokal Grobogan dengan desain yang menarik diharapkan mampu membantu siswa dalam belajar menulis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan untuk pengembangan modul pembelajaran sastra anak berbasis Kabupaten Grobogan untuk pembelajaran menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD dan mengembangkan pengembangan modul pembelajaran sastra anak berbasis kearifan lokal Kabupaten Grobogan. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed methods dengan metode Research and Development (R&D) yang dilaksanakan di SD N 1 Penganten dan SD N 1 Kandangrejo tepatnya pada siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan analisis data kuantitatif meliputi analisis data validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan modul pembelajaran sastra anak menunjukkan bahwa sebanyak 67% siswa belum memahami materi teks sastra anak, sebanyak 57% siswa mengalami kesulitan memahami teks suatu bacaan, 57% siswa belum mengetahui kearifan lokal di sekitar tempat tinggal mereka dan belum tersedianya bahan ajar berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran. Hasil validasi ahli media dengan presentase 89,91%, dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi dengan presentase 97% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli praktisi dengan presentase 100% dengan kategori sangat layak. Artinya bahan ajar modul pembelajaran sastra anak berbasis kearifan lokal kabupaten Grobogan sangat layak untuk digunakan siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini modul pembelajaran sastra anak berbasis kearifan lokal Kabupaten Grobogan untuk pembelajaran menulis cerpen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD sangat layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan pembelajaran menulis siswa karena pembelajaran lebih bermakna, menyenangkan, dan bervariasi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lintang Kironoratri, S. Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Fitriyah Amaliyah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Modul Pembelajaran, Sastra anak, Kearifan Lokal, Menulis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 06:55 |
Last Modified: | 26 May 2025 06:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
