AQSALITA, WINDA (2024) Efektivitas model problem based learning (pbl) berbasis steam terhadap hasil belajar ipas siswa kelas v sd negeri mlekang 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada mapel IPAS di SD N Mlekang 1. Hal tersebut dapat terjadi karena penggunaan pendekatan dan model pembelajaran yang kurang inovatif pada saat proses pembelajaran. Dimana proses pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa hanya mendengarkan atau menerima materi dan soal saja. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan dan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V pada mapel IPAS menggunakan pendekatan STEAM dengan model Problem Based Learning (PBL). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics) dirancang untuk mengajarkan peserta didik akan lima cabang ilmu dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Selain itu, Model PBL dapat meningkatkan dan mengembangkan hasil belajar peserta didik. Serta dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model PBL – STEAM dapat peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di kelas V SD N Mlekang 1. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Mlekang 1 yang berjumlah 15 siswa yang dipilih dengan teknik sampel jenuh. Metode yang digunakan yaitu pre- experimental dengan desain one group pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi dengan analisis data menggunakan Uji Paired Sampel T- Test dan uji N – Gain. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Paired Sample T-Test didapatkan nilai signifikansi 0,00 dimana (0,00<0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya rata-rata hasil belajar IPAS menggunakan PBL berbasis STEAM lebih baik daripada rata-rata hasil belajar IPAS menggunakan pembelajaran konvensional. Peningkatan hasil belajar IPAS menggunakan PBL berbasis STEAM efektif dalam pembelajaran dan mendapat skor sebesar 0,7513 dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL berbasis STEAM terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD N Mlekang 1, sehingga perlu adanya pengembangan proses pembelajaran untuk diterapkan pada materi lain agar dapat meningkatkan hasil belajar IPAS.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. |
Kata Kunci: | STEAM, model pembelajaran PBL, Hasil Belajar, IPAS. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 07:05 |
Last Modified: | 26 May 2025 07:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
