ARICA LUNGDIANSARI, NEVANANDA (2024) Pengembangan media maber (multimedia interaktif bentuk energi) terhadap kemampuan berpikir kritis bagi siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Studi pendahuluan di SDN 05 Ngasem, peneliti menemukan permasalahan yang terjadi yakni ketika kegiatan pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku saja, kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajaran mereka mudah bosan. Oleh sebab itu dikembangkan media MABER (Multimedia Interaktif Bentuk Energi), diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Media MABER (Multimedia Interaktif Bentuk Energi) yakni media pembelajaran berbasis teknologi yang didalamnya terdapat materi bentuk dan transformasi energi mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam memecahkan sebuah permasalahan sehingga munculah jawaban yang tepat dan mampu mengemukakan pendapat mereka. Jenis penelitian yang digunakan yakni Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 05 Ngasem sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, uji kelayakan media, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa dengan adanya penggunaan media. Hasil rata-rata skor uji kelayakan dari validator ahli media mendapatkan 96,8%, kemudian hasil dari validator ahli materi mendapatkan rata-rata skor yakni 95,9% dari hasil validasi tersebut mendapat kategori “sangat layak”. Kemudian hasil validasi dari guru kelas IV mendapatkan rata-rata skor dengan nilai 97,6% dengan kategori “sangat layak”. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui media dilakukan melalui pretest dan posttest dengan menggunakan uji NGain yang memperoleh hasil 0,60 kategori sedang. Disimpulkan bahwa pengembangan media MABER (Multimedia interaktif bentuk energi) berhasil dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Setelah di uji kelayakan melalui validasi ahli materi dan media dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui hasil uji coba pretest dan posttest yang disesuaikan dengan indikator berpikir kritis terhadap siswa kelas IV SDN 05 Ngasem.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.ekar Dwi Ardianti, M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, IPAS, Berpikir Kritis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 07:32 |
Last Modified: | 26 May 2025 07:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
