ZANUBA ROHMAH, DINA (2024) Pengembangan media pembelajaran silaw (aplikasi lama waktu) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis bagi peserta didik kelas iii sd n 3 geneng. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis disebabkan oleh guru kurang inovatif dalam mengajar, jarang menggunakan media pembelajaran, serta tingkat pemahaman masalah siswa rendah yang berdampak pada kesulitan siswa dalam memahami dan mengerjakan soal pemecahan masalah matematis. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang di temui di Kelas III SD N 3 Geneng Batealit Jepara. Tujuan penelitian ini untuk menyimpulkan kelayakan media pembelajaran SILAW, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika serta respon siswa dan guru terhadap penggunaan media pembelajaran SILAW (Aplikasi Lama Waktu) pada materi lama waktu suatu kejadian. Media Pembelajaran SILAW (Aplikasi Lama Waktu) merupakan media berbentuk aplikasi android berupa media pembelajaran berbasis online yang digunakan dengan smartphone. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan siswa dalam memahami masalah, merumuskan penyelesaian masalah dan menuliskan hasilnya serta mengoreksi kembali jawaban. Penelitian Pengembangan ini dilaksanakan di Kelas III SD N 3 Geneng Batealit Jepara dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Model penelitian pengembangan adalah Model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluate). Instrumen pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, lembar validasi, serta angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi saran dari lembar validasi, angket respon siswa dan guru serta hasil analisis kebutuhan dari hasil observasi dan wawancara. Analisis data kuantitatif meliputi data hasil validasi, hasil uji normalitas, hasil uji paired sample t test dan N Gain. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan Media Pembelajaran SILAW (Aplikasi Lama Waktu) terbukti layak digunakan dengan rata-rata skor ahli materi 80% kriteria layak. Kemudian, rata rata skor ahli media 92% kriteria sangat layak. Media pembelajaran terbukti mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil N Gain sebesar 0,43 dengan kriteria peningkatan sedang. Media Pembelajaran SILAW terbukti praktis digunakan dengan hasil respon siswa 84 % dan respon guru 96 % kriteria sangat praktis. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan media pembelajaran SILAW (Aplikasi Lama Waktu) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi lama waktu suatu kejadian. Kemudian, guru menciptakan suasana pembelajaran efektif yang membuat siswa nyaman belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Fitriyah Amaliya, M. Pd. |
Kata Kunci: | Pengembangan Media Pembelajaran, Aplikasi, Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 07:37 |
Last Modified: | 26 May 2025 07:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
