Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (tgt) berbantuan media pos game wordwall terhadap hasil belajar ipas di sdn kedalingan 02

DWI ASTUTI, LISA (2024) Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (tgt) berbantuan media pos game wordwall terhadap hasil belajar ipas di sdn kedalingan 02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengukur perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model (TGT) berbantuan media Pos Game Wordwall terhadap hasil belajar IPAS siswa (2) mengukur peningkatan hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah penerapan model (TGT) berbantuan media Pos Game Wordwall. Model pembelajaran (TGT) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan belajar kelompok siswa dengan metode bermain games. Media pos game wordwall adalah media pembelajaran berbasis web wordwall berisi permainan edukatif berupa kuis, kata acak, pencocokan dan lain-lain. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pre eksperimental one group pretest posttest design. Populasi penelitian merupakan 6 SD Gugus Joyokusuma di kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria permasalahan penerapan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Sampel yang digunakan ialah 17 siswa kelas V SDN Kedalingan 02 yang sesuai dengan kriteria pengambilan sampel. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar IPAS siswa dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran TGT berbantuan media pos game wordwall. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis statistic menggunakan SPSS 25 dengan uji normalitas, uji paired sample t test dan uji n-gain. Hasil penelitian dari uji paired sample t test menunjukkan perbedaan ratarata pretest elemen pemahaman IPAS sebesar 56,76 sedangkan nilai posttest sebesar 74,11. Perbedaan rata-rata elemen keterampilan proses sebelum diberikan perlakuan memiliki rata-rata sebesar 51,52 setelah diberikan perlakuan menjadi 76,29. Terlihat dari hasil belajar IPAS elemen pemahaman IPAS dan keterampilan proses, rata-rata posttest lebih besar dari pretest maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji n-gain, peningkatan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan pada pemahaman konsep menunjukkan 0,4051 kategori sedang dan hasil observasi keterampilan proses juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model (TGT) berbantuan media Pos Game Wordwall terhadap hasil belajar IPAS siswa (2) terdapat peningkatan hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran (TGT) berbantuan media Pos Game Wordwall.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Khamdun, M.Pd.
Kata Kunci: Model TGT, Game Wordwall, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 May 2025 07:56
Last Modified: 26 May 2025 07:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24030

Actions (login required)

View Item View Item