KHOIRUN NISA, RISTIYA (2024) Analisis strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas v di sdn tlogorejo kecamatan winong kabupaten pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemui di SDN Tlogorejo yaitu rendahnya karakter disiplin. Subjek penelitian ini ditujukan pada guru dam siswa kelas V. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi guru serta hambatan yang mempengaruhi tumbuhnya karakter disiplin Guru menjadi pelaku utama dalam membantu perkembangan proses pembelajaran di kelas terutama dalam menanamkan karakter. Karakter merupakan pola pikir dan perilaku yang menjadi ciri khas setiap individu Disiplin adalah sebuah keadaan yang diciptakan dan dibentuk melalui proses seperangkat perilaku yang menunjukkan ketaatan, kesesuaian dan kepatuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji kredibilitas yang terdiri dari peningkatan ketekukan dan triangulasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan dan penguatan merupakan strategi yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan kedisiplinan. Terdapat hambatan yang ditemui diantaranya yaitu kemampuan siswa yang berbeda, siswa tidak mampu mengendalikan emosi, dan lingkungan yang tidak kondusif. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi guru dalam menanamkan disiplin karakter siswa yaitu dengan menggunakan pembiasaan dan penguatan. Terdapat hambatan yang muncul diantaranya kemampuan afektif siswa yang berbeda, pengendalian rasa malas siswa, lingkungan yang tidak kondusif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Luthfa Nugraheni, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Strategi Guru, Karakter, Disiplin |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 02:06 |
Last Modified: | 31 May 2025 02:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
