AYUK PRATIWI, FRISKA DYAH (2024) Analisis perilaku akademik siswa kelas iv pada diskusi pembelajaran pendidikan pancasila sdn demangan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya suatu permasalahan yang ditemukan oleh peneliti yaitu dengan adanya siswa yang cenderung belum mampu melakukan kegiatan diskusi dengan baik di kelas IV SDN Demangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku akademik siswa kelas IV pada diskusi pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD N Demangan, mengetahui peran guru dalam pembelajaran metode diskusi dan kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan diskusi pembelajaran Pendidikan Pancasila Penelitian ini membahas tentang perilaku akademik siswa kelas IV pada diskusi pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD N Demangan Diskusi merupakan suatu metode pembelajaran yang efektif untuk digunakan saat pembelajaran yang di mana melibatkan interaksi pendidik dan peserta didik, selain itu peserta didik dapat bebas mengemukakan pendapatnya. Dalam indikator Profil Pelajar Pancasila dapat dikaitkan dengan pembelajaran Pendidikan Pancasila, bahwa gotong royong merupakan hal terpenting, hal ini dapat berupa kegiatan diskusi di dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di mana siswa harus bekerja sama dalam menyelesaikan sebuah masalah dan berperilaku menghargai pendapat teman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian, penelitian ini akan dilaksanakan di SD N Demangan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus, dengan mengambil subjek penelitian Guru kelas, Siswa kelas IV SD N Demangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Dan analisis data yang dilakukan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa pada SDN Demangan ditemukan beberapa klasifikasi perilaku siswa saat melakukan diskusi, diantaranya: siswa ikut serta dalam diskusi, siswa ikut serta dalam menjawab diskusi, siswa pemalu, siswa yang melakukan pengontrolan emosi, siswa yang berdiskusi dan berbicara dengan baik, siswa yang menuliskan hasil diskusi, siswa yang percaya diri, dengan hal ini telah disimpulkan SDN Demangan telah melakukan diskusi yang efektif dan baik.. Guru berperan sebagai pembimbing, memotivasi, dan mengkondisikan siswa. Guru juga mengalami beberapa kendala seperti kurangnya fokus dan minat belajar siswa. Dari hasil penelitian disarankan untuk guru dapat memilih dan mengembangkan metode yang dapat membentuk perilaku siswa, dan pihak sekolah memberikan sarana dan prasarana bagi guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Analisis Perilaku Akademik, Diskusi, Pembelajaran Pendidikan Pancasila. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 02:12 |
Last Modified: | 31 May 2025 02:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
