UMMAYYAH, MIFTAKHATUL (2024) Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila kelas v di sd 3 karangbener. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pembelajaran Pendidikan Pancasila yang masih monoton dan menggunakan metode ceramah mengakibatkan banyak siswa tidak memperhatikan materi yang disampaikan, kurang berani mengemukakan pendapat dan bertanya, kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan sering mengobrol dengan temannya. Hal tersebut menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Permasalahan ini ditemui oleh peneliti di SD 3 Karangbener. Tujuan penelitiannya untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila. Motivasi belajar dapat didefinisikan sebagai dorongan dalam diri seseorang untuk melaksanakan kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Motivasi menjadi peran penting dalam diri siswa, karena dengan adanya motivasi dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adanya motivasi belajar tersebut akan membuat siswa menjadi semangat dalam proses pembelajaran. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus akan dilaksanakan di kelas V SD 3 Karangbener dengan subjek 6 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dalam pembelajaran pendidikan pancasila kelas V SD 3 Karangbener terdiri dari 3 macam yaitu motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Siswa DEF dan INK memiliki semangat tinggi dan selau aktif dalam belajar. Siswa MLA dan MVNI kurang memiliki semangat dan kurang aktif dalam belajar. Siswa HKK dan RK tidak memiliki semangat dan pasif dalam pembelajaran. Motivasi belajar siswa dengan kategori yang berbeda-beda disebabkan oleh beberapa faktor dalam motivasi belajar diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kecerdasan, minat belajar, dan sikap dalam pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor keluarga, dan guru. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan strategi atau model pembelajaran, media pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan karakteristik siswanya, agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V dalam pembelajaran pendidikan pancasila.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd, Dosen Pembimbing: 2. Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila, Siswa Sekolah Dasar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 02:38 |
Last Modified: | 31 May 2025 02:38 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
