Pengembangan media pembelajaran “guizzer” untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas v sd n waturoyo

NINGKRUM, INDRIYANI (2024) Pengembangan media pembelajaran “guizzer” untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas v sd n waturoyo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada tanggal 05 Januari 2024 di SD N Waturoyo, ditemukan permasalahan yaitu rendahnya peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk pemecahan masalah karena peserta didik kurang memahami soal dan minat yang rendah serta kurangnya inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga dibutuhkan adanya inovasi media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan pengembangan media, kelayakan dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan yaitu “Guizzer” untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. “Guizzer” merupakan salah satu media interaktif yang terdiri dari gabungan media powerpoint interaktif yang didalamnya terdapat website quizwhizzer berupa kuis yang dapat diselesaikan oleh pengguna, sehingga memiliki dampak pada suatu pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD N Waturoyo dengan subjek penelitian 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, soal tes, lembar angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini, tahapan yang digunakan dalam pengembangan media “Guizzer” meliputi Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Adapun hasil validasi untuk mengukur media pembelajaran memperoleh hasil validator media I sebesar 78,3% dan validator II sebesar 85%, validator materi I sebesar 83,3% dan validator II sebesar 81,7%. Adapun respon guru memperoleh hasil sebesar 83,3% dan respon peserta didik sebesar 97,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “Guizzer” sangat layak untuk digunakan. Dalam uji N-Gain memperoleh hasil 0,578 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “Guizzer” efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kelas V SD N Waturoyo. Penelitian ini mampu memberikan inovasi dan referensi bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu, dengan penggunaan media berbasis teknologi, guru dapat menciptakan pembelajaran yang menarik untuk peserta didik agar antusias dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Fatikhatun Najikhah, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media “Guizzer”, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 May 2025 04:52
Last Modified: 31 May 2025 04:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24051

Actions (login required)

View Item View Item