Pengembangan media pembelajaran guyub rukun berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi sd 2 kedungsari mata pelajaran pendidikan pancasila

MUHYIDIN, MUHYIDIN (2024) Pengembangan media pembelajaran guyub rukun berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi sd 2 kedungsari mata pelajaran pendidikan pancasila. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penggunakan media guyub rukun berbasis teknologi melibatkan pembuatan konten multimedia yang menarik dan bervariasi untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran berbasis teknologi bernama guyub rukun sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD 2 Kedungsari pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Pengembangan media ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif oleh guru. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji coba dilakukan menggunakan teknik one group pretest dan posttest untuk mengukur efektivitas media dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk menilai kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran guyub rukun layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VI SD 2 Kedungsari. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba lapangan, media ini memenuhi kriteria kelayakan dari segi konten, desain, dan interaktivitas. Terdapat peningkatan signifikan pada skor posttest dibandingkan pretest, yang menunjukkan bahwa penggunaan media guyub rukun mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila. Media ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi pembelajaran yang inovatif dan dapat diadaptasi di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd.,M.A. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media, Guyub Rukun, Hasil belajar mata pelajaran pendidikan pancasila.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 May 2025 05:18
Last Modified: 31 May 2025 05:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24053

Actions (login required)

View Item View Item