DWI AMANDA, ARNETA PUTRI (2024) Penerapan media pembelajaran kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Hasil studi pendahuluan pada tanggal 3 Januari 2024 di SD N 1 Tambahrejo, terdapat permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis dalam materi matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui perbandingan rata-rata sebelum dan sesudah diterapkannya media Kahoot dan pengaruh penerapan media pembelajaran Kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Media pembelajaran Kahoot merupakan media berbasis website online pada internet yang menyajikan sebuah kuis interaktif dengan suasana yang asyik dan menyenangkan ketika proses pembelajaran di kelas. Berpikir kritis yaitu sebuah kemampuan dimana memahami, menganalisis, maupun mengevaluasi sebuah argumen secara kritis. Penelitian ini sendiri merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu Pre Experimental dengan bentuk One Group Pretest Possttest Design. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu siswa kelas V SD N 1 Tambahrejo dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Variabel bebas penelitian ini yaitu media pembelajaran Kahoot dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan data penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil uji-T menunjukkan yaitu sig (2-tailed) sebesar 0,000. Maka berdasarkan data tersebut nilai sig (2-tailed) > 0,05 atau 0,000 > 0,05, dapat disimpulan bahwa Ho ditolah sedangkan Ha diterima.. Sedangkan untuk uji regresi menunjukkan bahwa sig > 0,05 atau sig 0,024 > 0,05. Maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima dengan nilai R squere yaitu 26,7%. Kesimpulan bahwa terdapat Perbedaan Nilai Rata-Rata Matematika Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sebelum dan Sesudah Diterapkannya Media Pembelajaran Kahoot. Terdapat Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V SD.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Eka Zuliana, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Kahoot, Media Interaktif, Berpikit Kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:27 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
