IMAMUDDIN, AHMAD RIDLWAN (2024) Analisis nilai karakter disiplin dalam pembelajaran matematika kelas iii sd muhammadiyah birrul walidain. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Siswa yang disiplin akan dapat mengatur waktu mereka secara efisien, termasuk menetapkan prioritas untuk tugas-tugas matematika, menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu, dan menghindari penundaan. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD Muhammadiyah Birrul Walidain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter disiplin dalam pembelajaran matematika kelas III dan mendeskripsikan faktor pendukung nilai karakter disiplin dalam pembelajaran matematika kelas III di SD Muhammadiyah Birrul Walidain. Nilai karakter adalah pedoman yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan yang nantinya akan menjadi ciri baik atau buruknya karakter seseorang. Disiplin yaitu sikap yang menaati peraturan dan tata tertib yang telah ditetapkan tanpa pamrih, kontrol yang kuat terhadap penggunaan waktu, tanggung jawab terhadap tugas yang dipercayakan dengan bersungguh-sungguh. Pembelajaran matematika merupakan proses pembelajaran interaktif yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berpikir siswa dan meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru menggunakan logika dan metode numerik, Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III berjumlah 9 siswa dengan kriteria 3 siswa nilai matematika tinggi, 3 siswa nilai matematika sedang dan 3 siswa nilai matematika rendah, guru kelas III, dan kepala sekolah. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) masih ada 2 siswa yang telat mengikuti pembelajaran matematika, 2) seluruh siswa mengakui kesalahan dan langsung meminta maaf saat berbuat salah, 3) siswa nilai matematika sedang dan rendah belum sungguh-sungguh saat diberikan tugas oleh guru, 4) seluruh siswa kelas III siap menerima hukuman maupun teguran, 5) siswa dengan kategori nilai matematika sedang dan rendah terkadang lupa mengumpulkan tugas rumah yang diberikan guru. Faktor pendukung nilai karakter disiplin siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas III SD yaitu 1) diri sendiri, 2) pembiasaan guru, 3) orang tua, 4) lingkungan sekitar, 5) reward dan punishment. Penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai perhatian dan pengetahuan siswa dalam mengetahui nilai karakter disiplin yang ada dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Karakter, Disiplin, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:37 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
