MUSTAIDATUL FITRIA, WILDA (2024) Penerapan video pesta lomban jepara terhadap hasil belajar siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran yang kurang interaktif menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam kurikulum merdeka. Hal ini dikarenakan kurangnya strategi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran maka pembelajaran terkesan monoton. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur di SDN 2 Banjaran Bangsri Jepara. (2) Mengetahui pengaruh video pesta lomban Jepara terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur di SDN 2 Banjaran Bangsri Jepara. Video Pesta Lomban merupakan momen bagi para nelayan untuk bersenangsenang dalam merayakan Idul Fitri tidak hanya para nelayan, masyarakat yang tinggal di sekitar pantai menyemarakkan pesta rakyat tersebut dengan memakai baju warna-warni. Dengan adanya kearifan lokal dijepara berupa pesta lomban yang tidak dapat ditinggalkan yang dilaksanakan satu tahun sekali yaitu pada bulan syawal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen one grub pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 2 Banjaran, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan menggunakan seluruh siswa kelas IV. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, tes dan dokumenasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogentias, uji t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukan uji t-test dengan peroleh nilai thitung Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai thitung (27.677). Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada pengujian hipotesis uji-t, terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan video pesta lomban Jepara pada muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Dan hasil uji N-Gain hasil belajar siswa memiliki nilai hasil N-Gain Score (Mean) adalah 0,7865. terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran video pesta lomban Jepara dengan kreteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan media video pesta lomban jepara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur di SDN 2 Banjaran, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran video pesta lomban Jepara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur di SDN 2 Banjaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dosen Pembimbing: 2. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Teks Prosedur, Video Pesta Lomban Jepara |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:23 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
