Upaya meningkatkan keterampilan menulis teks narasi melalui model pembelajaran think pair share menggunakan media big book pada siswa kelas iv sd negeri 2 banjaran

MAYASARI, ULFA (2024) Upaya meningkatkan keterampilan menulis teks narasi melalui model pembelajaran think pair share menggunakan media big book pada siswa kelas iv sd negeri 2 banjaran. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

endahnya keterampilan menulis teks narasi disebabkan karena keterampilan guru dalam penerapan model dan media pembelajaran masih kurang. Peneliti menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan media Big Book bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas IV SDN 2 Banjaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Think Pair Share dengan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis teks narasi. Penelitian ini melalui model pembelajaran Think Pair Share menggunakan media Big Book. Model pembelajaran Think Pair Share adalah jenis pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa menggunakan model berfikir berpasangan dilanjutkan dengan diskusi. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 22 siswa dan guru dikelas IV SDN 2 Banjaran yang dilakukan dengan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data yang dikumpulkan melalui tes unjuk kerja yang sudah di uji validitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I pertemuan II memperoleh skor sebesar 27 dengan presentase rata-rata 67,5% meningkat pada siklus II pertemuan II dengan skor 37 dengan presentase rata-rata 92,5% dan masuk dalam kategori “sangat baik”. Aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 2 Banjaran mengalami peningkatan setiap siklusnya siklus I memperoleh persentase 56,5% dengan kriteria cukup pada siklus II memperoleh persentase 79,5% dengan kriteria baik. Keterampilan menulis teks narasi pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 63,63% sedangkan pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan 90,90%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui model pembelajaran think pair share menggunakan media big book dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas IV SDN 2 Banjaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing: 1.Dr.Agus Darmuki, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teks Narasi,Think Pair Share, Media Big Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:24
Last Modified: 02 Jun 2025 04:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24073

Actions (login required)

View Item View Item